SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IIS 4 SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nasta'in, Exma (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2017

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE  UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARANSOSIOLOGI KELAS XI IIS 4 SMA NEGERI 2 SURAKARTA  TAHUN PELAJARAN 2016/2017 THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TAKE ANDGIVE TYPE TO IMPROVE STUDENTS LEARNING RESULT IN SOCIOLOGY SUBJECT AT CLASS XI IIS 4 SMA NEGERI 2 SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR OF 2016/2017. Exma Kin Nasta?in, Slamet Subagya, Siti RochaniSkripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, JL. Ir Sutami No.36A, Jebres Kota Surakarta, E-mail: Nastainexma@gmail.comABSTRAKPenilitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tindakan. Subyek pada penelitian tindakan kelas adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 2 Surakarta yaitu sebanyak 29 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik utama dalam pengupulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Surakarta, yang diawali dari tahap Pra Tindakan, Siklus I dan Siklus II. Pada tahap Pra Tindakan diperoleh hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai 67,93. Kemudian pada siklus I rata-rata perolehan nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 74,48 dan Pada siklus II rata rata perolehan  nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 82,20. Simpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan model pembelajran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Surakarta.    

Copyrights © 0000