SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS-5 SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Rohman, Muhammad Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2015

Abstract

ABSTRAK            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS-5 SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran Examples Non Examples.            Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-5 SMA Negeri 3 Sukoharjo sebanyak 39 siswa.Sumber data berasal dari guru dan siswa.Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan dokumentasi.Teknik analisis data ada dua.Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif sedangkan data kualitatif menggunakan teknik analisis kritis.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non Examplesdapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS-5 SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015. Ketuntasan belajar siswa menunjukkan peningkatan dari prosentase 56,41% pada tahap pratindakan meningkat menjadi 74,36% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 87,18% pada siklus II. Nilai rata-rata kelas menunjukkan peningkatan dari 71,49 pada pratindakan meningkat menjadi 74,87 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 81,33 pada siklus II.             Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non Examplesdapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XI IPS-5 SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015.Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Examples Non Examples, Hasil Belajar Sosiologi

Copyrights © 0000