BUNGAMPUTI
Vol 1, No 1 (2013)

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Singing Game Di Kelompok B TK Negeri Pembina Donggala

Sunarti, Sunarti ( Tadulako University)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2013

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya kemampuan berbahasa anak kelompok B TK Negeri Pembina Donggala? Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan perbaikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran singing game yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak berbahasa. Rancangan penelitian mengacu pada alur PTK dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara bersiklus. Subyek penelitian ini yaitu anak kelompok B yang berjumlah 13 anak terdiri dari 4 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Data dikumpulkan dengan cara observasi, pemberian tugas, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan teknik persentase. Dapat disimpulkan bahwa singing game dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak terjadi peningkatan dari siklus I 23% meningkat menjadi 54% pada siklus II, walaupun masih terdapat anak yang belum meningkat hasil belajarnya hanya 8%.   Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, Singing Game

Copyrights © 2013