SOSIALITAS (Jurnal Ilmiah Pend. Sos-Ant)


HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH SMP NEGERI 6 PURWOREJO

Rahayu, Septi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2019

Abstract

HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH SMP NEGERI 6 PURWOREJO Septi Rahayu1; Nurhadi2; Okta Hadi Nurcahyono3 Pendidikan Sosiologi-Antropologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Jl. Ir Sutami 36A, Surakarta 57126, Telp (0271) 646994 Email: septirh89@gmail.com 1Mahasiswa, 2,3Dosen Pendidikan Sosiologi-Antropologi FKIP UNS ABSTRAK Septi Rahayu, NIM K8414045 HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR IPS DENGAN PARTISIPASI SISWA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH SMP NEGERI 6 PURWOREJO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Belajar IPS dengan Partisipasi Siswa dalam Gerakan Literasi Sekolah SMP Negeri 6 Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan analisis kuantitatif Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 6 Purworejo. Teknik Pengambilan sampel dengan cara ordinal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Uji reliabilitas Cronbach?s Alpha menunjukkan nilai sebesar 0,957 pada variabel Minat Baca (X1). Kemudian pada variabel Motivasi belajar IPS (X2) sebesar 0,961. Setelah itu pada variabel Partisipasi siswa (Y) sebesar 0,749. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara Minat Baca dengan Partisipasi siswa dalam Gerakan Literasi Sekolah SMP Negeri 6 Purworejo. Besarnya hubungan sebesar 0.260** dengan niai signifikansi p= 0.004

Copyrights © 0000