KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 3 WONOKROMO KECAMATAN ALIAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Wicaksono, Afif (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

ABSTRAK Afif Wicaksono. X7210003. ?PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 3 WONOKROMO KECAMATAN ALIAN TAHUN AJARAN 2014/2015? Skripsi. Kebumen: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2015.Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran Matematika; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat; (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penerapan pembelajaran coopertive learning tipe STAD pada pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 3 Wonokromo Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2014/ 2015.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokromo yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi..Hasil penelitian: (1) Langkah-langkah yang benar dalam Penerapan cooperative learning tipe STAD yaitu: (a) Penyampaian tujuan; (b) Pembagian kelompok; (c) Presentasi dari guru (d)  Kegiatan belajar dalam tim;(e) Kuis (f) Penghargaan tim. (2) Penerapan cooperative learning STAD dapat meningkatkan hasil belajar ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa  pada siklus I 33,33%,, siklus II menjadi 75,24%, dan siklus III 95,25%. (3) Kelebihan dan kelemahan penerapan pembelajaran coopertive learning tipe STAD yaitu kelebihan; (a) siswa berlatih bekerja sama, (b) siswa aktif membantu dan memotivasi anatar teman, (c) meningkatkan kemampuan komunikasi dan hubungan sosial siswa, (d) berlatih berpendapat, dan (e) dapat melatih mandiri, kreativitas, dan tanggung jawab siswa. Kelemahan yaitu (a) membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan siswa dengan teman-teman dan lingkungan belajarnya, (b) siswa pandai mendominasi kegiatan belajar dalam kelompok, dan (c) membutuhkan kemampuan guru yang terampil.  Kata Kunci:, Pembelajaran Matematika, cooperative learning STAD         ABSTRACTAfif Wicaksono. X7210003. APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TO IMPROVE MATHEMATIC LEARNING ABOUT FRACTIONAL FOR STUDENTS GRADE V SDN 1 BOJONGSARI PERIOD 2014/2015. Thesis. Kebumen: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, July 2015.The purpose of this research are (1) to describe steps implementation of Cooperative Learning Tipe STAD (2) analyze the increasing of addition and subtraction of integers (3) To know the strengths and weaknesses of the application of learning coopertive STAD learning on mathematics learning about addition and subtraction of integers in class IV SDN 3 Wonokromo Alian Kebumen District of School Year 2014/2015.This research is collaborative class action that be held on 3 cycles, which each cycles contain of planning, implementation, and reflection. Subjects of this research are students grade IV SDN 3 Wonokromo that contain 35 Students. The technique of data collection use test, observation, and documentation.Results of this research is show that (1) steps implementation right of Cooperative Learning Tipe STAD , with step : (a) Submission of destination; (b) The division of the group; (c) Presentation of the teacher (d) learning activities within the team; (e) Quiz (f) Award team. (2) Application of STAD cooperative learning can improve learning outcomes demonstrated by mastery learning students in the first cycle to 33.33%,, cycle II to 75.24%, and the third cycle of 95.25%. (3) the strengths and weaknesses of the application of learning coopertive STAD learning is excess; (a) students practice working together, (b) the active help and motivate students anatar friend, (c) improve communication skills and social relationships of students, (d) practice argue, and (e) to train independently, creativity, and student responsibility , A weakness that (a) take a long time to adjust the student with friends and learning environment, (b) dominate clever student learning activities in a group, and (c) requires the ability of a skilled teacher. Keywords : Mathematic Learnin,  Cooperative Learning STAD  

Copyrights © 2015