cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 639 Documents
PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) DENGAN MEDIA GRAFIS DI KELAS II SDN 5 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Anggia, Vina
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.095 KB)

Abstract

PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK (WEBBED) DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN TEMA KEGEMARAN DI KELAS II SDN 5 BUMIREJO TAHUN AJARAN 2014/2015 Oleh: Vina Anggia Nastitie Ariawan1), Kartika Chrysti Suryandari2), Harun Setyo Budi3) FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret e-mail: vivianatsir@gmail.com 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS Abstract. The Implementation of Thematic Learning Model (Webbed) using Graphic Media in Improving Hobby Theme Learning for the Second Grade Students of SDN 5 Bumirejo in the Academic Year of 2014/ 2015. The objectives of this research is to describe steps of thematic learning model (webbed) with graphic media in improving hobby theme learning for the second grade students of SDN 5 Bumirejo in the academic year of 2014/2015. This research is collaborative Classroom Action Research (CAR). Subjects of this research were 41 students of the second grade of SDN 5 Bumirejo. The implementation of thematic learning model (webbed) using graphic media can improve hobby theme learning for the second grade students of SDN 5 Bumirejo in the academic year of 2014/2015. That results proved by the increase of learning result in each cycles. Passing grade percentage of students result in the first cycle was 82,33%, in the second cycle was 92,56%, in the third cycles was 100%. Keywords: thematic, graphic media, hobby theme Abstrak. Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik dengan Media Grafis dalam Peningkatan Pembelajaran Tema Kegemaran di Kelas II SDN 5 Bumirejo Tahun Ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran tematik (webbed) dengan media grafis dalam meningkatkan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dari penelitian adalah 41 siswa kelas II SDN 5 Bumirejo. Pelaksanaan model pembelajaran tematik dengan media grafis dapat meningkatkan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklusnya. Persentase hasil belajar siswa siklus I yaitu 82,33%, siklus II yaitu 92,56%, siklus III yaitu 100%. Kata kunci: tematik, media grafis, tema kegemaran PENDAHULUAN Proses belajar merupakan rangkaian kegiatan yang ada dalam kegiatan pembelajaran. Jika hasil pembelajaran ingin sesuai dengan yang diinginkan, maka seorang guru harus mampu membuat proses bela-jar menjadi efektif dan lebih bermak-na bagi siswa. Telah banyak upaya yang di-lakukan pemerintah dan pakar pen-didikan untuk dapat menciptakan sua-tu kondisi belajar yang menggugah rasa kebermaknaan bagi siswa. Ber-bagai pendekatan, metode, strategi maupun isi dari pembelajaran itu sen-diri telah mengalami perkembangan. Salah satu model pembelajaran yang kini sedang gencar diterapkan di ting-kat sekolah dasar adalah model pem-belajaran terpadu. Model pembe-lajaran terpadu yang dikembangkan di Indonesia ada 3 macam, yaitu connec-ted, integrated, dan webbed. Namun, yang paling banyak diterapkan adalah model pembelajaran terpadu webbed atau dikenal dengan model pembe-lajaran tematik. Trianto (mengutip simpulan Joni T.R, 1996) menge-mukakan bahwa, model pembelajaran tematik (webbed) adalah suatu pem-belajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individual maupun ke-lompok, aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip ke-ilmuan secara holistik, bermakna, dan otentik (2010: 56). Model pem-belajaran tematik (webbed) memiliki karakteristik sebagai berikut: (a) ber-pusat pada siswa; (b) memberikan pe-ngalaman langsung; (c) pemisahan materi pelajaran tidak begitu jelas; (d) menyajikan konsep dari berbagai ma-ta pelajaran; (e) bersifat fleksibel; (f) dan hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa (Rusman, 2012: 258). Selain model pembelajaran yang tepat, guru perlu menggunakan media dalam proses penyampaian ma-teri. Penggunaan media dapat mem-bantu siswa dalam menggambarkan hal-hal yang abstrak menjadi lebih nyata. Media grafis merupakan salah satu media yang cocok diterapkan khususnya di kelas rendah. Media grafis adalah media visual yang me-nyajikan fakta, ide atau gagasan mela-lui penyajian kata-kata, kalimat, ang-ka-angka, dan simbol/gambar (Jauhar, 2011: 100). Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN 5 Bumirejo pada tanggal 14 Januari 2015, guru sudah baik dalam melaksanakan pembelajaran. Akan tetapi, aktivitas siswa masih ter-batas pada kegiatan mendengarkan materi dan mengerjakan tugas. Pem-belajaran yang disampaikan juga ma-sih terpisah padahal di kelas rendah seharusnya menggunakan pembelaja-ran tematik. Selain itu, terjadi kesen-jangan pada hasil belajar siswa kelas II. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil pretest, yaitu 68,5. Hasil pretest menunjukkan belum tercapai-nya KKM, yaitu 72 pada setiap mata pelajarannya. Melihat kesenjangan tersebut, maka peneliti mengadakan penelitian guna meningkatkan pembe-lajaran melalui pelaksanaan model pembelajaran tematik (webbed) de-ngan media grafis. Rumusan masalah dari pene-litian ini berdasarkan uraian di atas adalah (1) bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan model pembe-lajaran tematik (webbed) dengan me-dia grafis untuk meningkatkan pem-belajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015?; dan (2) apakah model pembelajaran tematik (webbed) de-ngan media grafis dapat meningkat-kan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran tematik(webbed) dengan media grafis di kelas II SDN 5 Bumirejo tahun ajaran 2014/2015; (2) meningkatkan pembelajaran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumi-rejo tahun ajaran 2014/2015 melalui pelaksanaan model pembelajaran te-matik (webbed) dengan media grafis. METODE PENELITIAN Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 5 Bumirejo, kecamatan Kebumen, kabupaten Kebumen. Me-tode penelitian yang digunakan ada-lah penelitian tindakan kelas ko-laboratif. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas II yang terdiri atas 23 sis-wa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksa-nakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015, dari bulan Januari 2015 sampai dengan bulan Juni 2015. Vali-ditas data menggunakan triangulasi yang berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik berupa observasi, catatan harian, dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar catatan hari-an, dan tes hasil belajar siswa. Tria-ngulasi sumber yang digunakan yaitu guru, siswa, dan observer. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penya-jian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengambil data beru-pa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dengan tu-juan untuk mengetahui statistika pe-ningkatan proses dan hasil belajar te-ma kegemaran di kelas II SDN 5 Bu-mirejo Tahun Ajaran 2014/2015. Data diperoleh dengan menggunakan tek-nik pengumpulan data berupa tes, ru-brik, observasi, dan catatan harian. Data kualitatif digunakan untuk men-dukung pelaksanaan model pembela-jaran tematik (webbed) dengan media grafis dalam peningkatan pembelaja-ran tema kegemaran di kelas II SDN 5 Bumirejo Tahun Ajaran 20-14/2015 yang diperoleh melalui catatan harian. Indikator kinerja yang diha-rapkan tercapai dalam penelitian ini, yaitu: (a) pelaksanaan model pembe-lajaran tematik (webbed) dengan me-dia grafis sesuai langkah yang tepat mencapai target 85%; (b) respon sis-wa terhadap proses pembelajaran te-ma kegemaran melalui pelaksanaan model pembelajaran tematik (web-bed) dengan media grafis mencapai target 85%; (c) dan ketuntasan pem-belajaran tema kegemaran (KKM=72) mencapai target 90%. Prosedur pene-litian ini menggunakan metode pene-litian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari: (a) refleksi awal; (b) studi pendahuluan; (c) perencanaan; (d) tin-dakan; (e) observasi; (f) dan refleksi. HASIL DAN PEMBAHASAN Peningkatan pembelajaran te-ma melalui pelaksanaan model pem-belajaran tematik (webbed) dengan media grafis dilaksanakan selama tiga siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan. Penelitian ini dilaksa-nakan mulai dari bulan Februari 2015 sampai dengan April 2015. Berdasar-kan hasil penelitian dari siklus I sam-pai siklus III diperoleh hasil bahwa pelaksanaan model pembelajaran te-matik (webbed) dengan media grafis sudah sesuai langkah-langkah pada skenario. Langkah-langkah pelaksa-naan model pembelajaran tematik (webbed) dengan media grafis, yaitu: (a) perencanaan; (b) pelaksanaan; (c) kegiatan akhir. Hasil observasi pelaksanaan model pembelajaran tematik (web-bed) dengan media grafis oleh guru dan siswa dari siklus I sampai siklus III dapat dilihat pada tabel 1. berikut ini: Tabel 1. Persentase Hasil Observasi Pelaksanaan Model Pem-belajaran Tematik (webbed) dengan Media Grafis Guru dan Siswa Siklus Hasil observasi Guru
PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 3 WONOKROMO KECAMATAN ALIAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Wicaksono, Afif
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.788 KB)

Abstract

ABSTRAK Afif Wicaksono. X7210003. ?PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN 3 WONOKROMO KECAMATAN ALIAN TAHUN AJARAN 2014/2015? Skripsi. Kebumen: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2015.Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran Matematika; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat; (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penerapan pembelajaran coopertive learning tipe STAD pada pembelajaran matematika tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 3 Wonokromo Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2014/ 2015.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Wonokromo yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi..Hasil penelitian: (1) Langkah-langkah yang benar dalam Penerapan cooperative learning tipe STAD yaitu: (a) Penyampaian tujuan; (b) Pembagian kelompok; (c) Presentasi dari guru (d)  Kegiatan belajar dalam tim;(e) Kuis (f) Penghargaan tim. (2) Penerapan cooperative learning STAD dapat meningkatkan hasil belajar ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa  pada siklus I 33,33%,, siklus II menjadi 75,24%, dan siklus III 95,25%. (3) Kelebihan dan kelemahan penerapan pembelajaran coopertive learning tipe STAD yaitu kelebihan; (a) siswa berlatih bekerja sama, (b) siswa aktif membantu dan memotivasi anatar teman, (c) meningkatkan kemampuan komunikasi dan hubungan sosial siswa, (d) berlatih berpendapat, dan (e) dapat melatih mandiri, kreativitas, dan tanggung jawab siswa. Kelemahan yaitu (a) membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan siswa dengan teman-teman dan lingkungan belajarnya, (b) siswa pandai mendominasi kegiatan belajar dalam kelompok, dan (c) membutuhkan kemampuan guru yang terampil.  Kata Kunci:, Pembelajaran Matematika, cooperative learning STAD         ABSTRACTAfif Wicaksono. X7210003. APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD TO IMPROVE MATHEMATIC LEARNING ABOUT FRACTIONAL FOR STUDENTS GRADE V SDN 1 BOJONGSARI PERIOD 2014/2015. Thesis. Kebumen: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, July 2015.The purpose of this research are (1) to describe steps implementation of Cooperative Learning Tipe STAD (2) analyze the increasing of addition and subtraction of integers (3) To know the strengths and weaknesses of the application of learning coopertive STAD learning on mathematics learning about addition and subtraction of integers in class IV SDN 3 Wonokromo Alian Kebumen District of School Year 2014/2015.This research is collaborative class action that be held on 3 cycles, which each cycles contain of planning, implementation, and reflection. Subjects of this research are students grade IV SDN 3 Wonokromo that contain 35 Students. The technique of data collection use test, observation, and documentation.Results of this research is show that (1) steps implementation right of Cooperative Learning Tipe STAD , with step : (a) Submission of destination; (b) The division of the group; (c) Presentation of the teacher (d) learning activities within the team; (e) Quiz (f) Award team. (2) Application of STAD cooperative learning can improve learning outcomes demonstrated by mastery learning students in the first cycle to 33.33%,, cycle II to 75.24%, and the third cycle of 95.25%. (3) the strengths and weaknesses of the application of learning coopertive STAD learning is excess; (a) students practice working together, (b) the active help and motivate students anatar friend, (c) improve communication skills and social relationships of students, (d) practice argue, and (e) to train independently, creativity, and student responsibility , A weakness that (a) take a long time to adjust the student with friends and learning environment, (b) dominate clever student learning activities in a group, and (c) requires the ability of a skilled teacher. Keywords : Mathematic Learnin,  Cooperative Learning STAD  
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING DENGAN ALAT BANTU HITUNG SEDERHANA DALAM PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MUKTISARI TAHUN AJARAN 2015/2016 mulia, Frestika
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

       Abstract: The Application of Discovery LearningModel Using Simple Counting Tools in Improving Students? Interest and Learning Outcomes about Integers for the Fourth Grade Students of SD Negeri Muktisari in the Academic Year of 2015/2016.The objectives of this research areto improve students? interest and learning outcomes. Subjects of the research were 20 students of the fourth grade of SD Negeri Muktisari. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of two meetings including planning, action, observation, and reflection. Sources of data were derived from students, teacher, and documents. Techniques of collecting data were test, observation, interview, questionnaire, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptive analysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification.The results of this research showed thatthe application of Discovery Learning method using simple counting tools can improve students? interest and learning outcomes. Keywords:Discovery Learning, simple counting tools, Mathematics Abstrak: Penerapan Discovery Learning dengan Alat Bantu Hitung Sederhana dalam Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SD Negeri Muktisari Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Muktisari yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian adalah siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning dengan alat bantu hitung sederhana dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Alat Bantu Hitung Sederhana, Matematika
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PROBLEM SOLVING SKILLS IPA TENTANG PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 2 KEBULUSAN TAHUN AJARAN 2016/2017 Rifanti, Alifah; Suryandari, Kartika Chrysti; Salimi, Moh
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.955 KB)

Abstract

Abstract: The Use of Guided Inquiry Model Using Multimedia in Improving Student?s Problem-Solving Skills in IPA About Simple Machine of SD Negeri 2 Kebulusan in The Academic Year of 2016/2017. The objectives of this research are to improve problem-solving skills of IPA about the simple machine for the fifth-grade students of SD Negeri 2 Kebulusan in the academic year of 2016/2017. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Subjects of the research were a teacher and 30 students of the fifth grade of SD Negeri 2 Kebulusan. Techniques of collecting data were a test and non-test technique. The validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The results of this research show that the use of Guided Inquiry model using multimedia can improve problem-solving skills on IPA about simple machine for the fifth grade of SD Negeri 2 KebulusanKeywords: Guided Inquiry, multimedia, problem-solving skills  Abstrak: Penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Multimedia dalam Peningkatan Problem Solving Skills IPA Siswa tentang Pesawat Sederhana di Kelas V SD Negeri 2 Kebulusan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan problem solving skills IPA tentang pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 2 Kebulusan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry dengan multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry dengan multimedia dapat meningkatkan problem solving skills IPA siswa.Kata Kunci: Guided Inquiry, multimedia, problem solving skills IPA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA STIMULASI GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD SEMESTER 1 TAHUN 2017 / 2018 Sudarwanto, Wisnu; Relmasira, Stefanus C.; Juneau, Janelle Lee
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.431 KB)

Abstract

AbstractThis study aimed to improve students learning outcome in social science through the implementation of cooperative learning model numbered head together type assisted by picture stimulation media on 4th grade SD Negeri Drajidan Musuk Boyolali. This type of research was the classroom action research. The subject of this action research was teacher and students of 4th grade SD Negeri Drajidan Musuk Boyolali. This research has two cycles that conducting two meetings in each cycle. Cooperative learning model NHT type is one of the methods that focused on student?s activity. Design of the research arranged of planning, action, observing and reflecting.The technic data collections consist of non test and test values. The instrument of data collection applied a test question and observation sheet. Data analysis techniques used was comparative descriptive method by comparing pre cycle, cycle I and cycle II. The results of the study outcome by students who raise minimum completeness criteria before research implementation in pre cycle was 44%, then increase after research implementation through cooperative learning model numbered head together assisted by picture stimulation media in first cycle up to 60% and increasing again in second cycle up to 88%. Based on the analysis and discussion of the research, it is concluded that the application of cooperative learning model numbered head together type aided picture stimulation media can improve students learning outcome.Keywords: NHT, Learning Outcome, Picture Stimulation.AbstrakJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik muatan pembelajaran IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dibantu oleh media stimulasi gambar pada siswa kelas IV SD Negeri Drajidan Musuk Boyolali. Subyek penelitian tindakan ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Drajidan Musuk Boyolali semester pertama tahun akademik 2017 / 2018. Penelitian ini memiliki dua siklus yang melakukan dua pertemuan dalam setiap siklus. Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together adalah salah satu metode yang berfokus pada aktivitas siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Desain penelitian disusun berdasarkan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil belajar pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil dari  penelitian oleh peneliti menunjukan bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebelum pelaksanaan penelitian di pra siklus adalah 44%, kemudian meningkat setelah pelaksanaan penelitian melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan media stimulasi gambar pada siklus pertama meningkat hingga 60% dan meningkat lagi dalam siklus kedua hingga 88%. Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan media stimulasi gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa.Kata Kunci: NHT, Hasil Belajar, Gambar Stimulasi
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA REAL OBJECT DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD Mawadah, Sulatul
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: The Application Of Cooperative Model Type STAD With Real Object Media On The Science Learning For The Fourth Grade Students Of Elementary School. The purpose research to describe steps the application model STAD with Real Object media that can increased learning result of science. This research collaborative action research conducted two cycles, each cycle consisted of three meetings. Subjects were students for the fourth grade SDN 2 Karangsar. Data validating used source triangulation and techniques. Data Analysis  consist of reduction, presentation of data, and drawing conclusions or verification. Research procedures each meeting: planning, implementation, observation, and reflection. Research result is the application of model STAD with Real Object can increased learning result of science the fourth grade students of elementary school. Keywords: STAD, Real Object, Learning Result, Science Abstrak: Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media Real Object dalam Peningkatan Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model STAD dengan media Real Object yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini penelitian tindakan kelas kolaboratif  dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Karangsari berjumlah 32 siswa. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data terdiri dari reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Prosedur penelitian setiap pertemuan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model STAD dengan media Real Object dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD.   Kata kunci: STAD, Real Object , Hasil Belajar, IPA
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR GEOMETRI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR permanasari, dian
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.388 KB)

Abstract

Abstract: Application of Quantum Teaching Models in Geometry Student Learning Outcomes Improved Fourth Grade Elementary School. This study aims to: (1) describe the learning steps Quantum Teaching in improving student learning outcomes, (2) identify obstacles and solutions in the application of models of Quantum Teaching Geometry in learning. This study is a collaborative action research conducted in three cycles. The results of this study indicate that the application of the Quantum Teaching by implementing measures Grow, Natural, Namai, Demonstrate, and Celebrate Repeat to improve student learning outcomes, the pre-action mastery percentage reached 24% of new students, having implemented measures student mastery percentage in cycle I to 86%, 90% cycle II and cycle III 95%. Application of Quantum Teaching models for learning Geometry encountered some obstacles, but these constraints can be solved by implementing improvement efforts as the solution of problems were encountered. Keywords: model Quantum Teaching, student learning outcomes, Geometry Abstrak: Penerapan Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Hasil Belajar Geometri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran Quantum Teaching dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa, (2) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penerapan model Quantum Teaching pada pembelajaran Geometri. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dengan menerapkan langkah-langkah Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 24%, setelah dilaksanakan tindakan persentase ketuntasan siswa pada siklus I menjadi 86%, siklus II 90% dan siklus III 95%. Penerapan model Quantum Teaching dalam pembelajaran Geometri menemui beberapa kendala, namun kendala tersebut dapat terpecahkan dengan menerapkan upaya perbaikan sebagai solusi dari kendala yang muncul. Kata Kunci: model Quantum Teaching, hasil belajar siswa, Geometri
PENERAPAN TEKNIK INFO BERANTAI DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2012/2013 Lembayung, Anjar
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.024 KB)

Abstract

Anjar Lembayung1, Wahyudi2, Kartika Chrysti3 PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer Kebumen Email : lembayung_wayhu@yahoo.com 1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS 2 3 Dosen PGSD FKIP UNS   Abstract: The application of information chain technique in increasing English Learning 4th Grade SD Negeri 2 Karangsari 2012/2013 Academic Year. The purpose of this research to describe the application of information chain technique in increasing English Learning and find problems with solution. This research is used Classroom Action Research method and implemented in three cycles and the subjects of research were 31 students 4th grade. The results showed that: the application of information chain technique can improve English Learning 4th Grade Student. Keywords: Information Chain Technique, English, Learning   Abstrak: Penerapan Teknik Info Berantai dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karangsari Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran teknik info berantai dalam peningkatan  pembelajaran Bahasa Inggris dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa: penerapan teknik info berantai dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV. Kata Kunci: Teknik Info Berantai, Bahasa Inggris, Pembelajaran
PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KALENG TAHUN AJARAN 2013/2014 Ferry Hidayah, Dhini
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kaleng Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng; (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat dengan penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng; (3) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus,tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan bulat. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng Tahun Ajaran 2013/2014. Kata Kunci : Model Quantum Teaching, pembelajaran Matematika, siswa kelas IV.
PENGGUNAAN METODE COMPLETE SENTENCE MELALUI MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS II SDN 2 PANJER ISMAYAYANTi, NOVI NIRMALA
KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Publisher : KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.417 KB)

Abstract

Abstract: Using Complete Sentence Method through Series Image Media to Improve Essay Writing Skills at Second Grade Student of SDN 2 Panjer. This study aims to describe the steps Complete Sentence learning method through the series image media and improve the skills of essay writing at second grade of elementary school. Research subject is second grade SDN 2 Panjer amount of 27 students. The research was conducted in three cycles, each cycles consisting of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques using observation, interviews, and testing. Test the validity of data using triangulation techniques. The results showed that the use of Complete Sentence methods through the series image media can improve essay writing skills second grade of elementary school. Keyword: Complete Sentence, series image media, writing skills Abstrak: Penggunaan Metode Complete Sentence melalui Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas II SDN 2 Panjer. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode Complete Sentence melalui media gambar seri dan meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas II SD. Subjek penelitiannya siswa kelas II SDN 2 Panjer sejumlah 27 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode Complete Sentence melalui media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas II SD. Kata Kunci: Complete Sentence, gambar seri, keterampilan menulis

Page 1 of 64 | Total Record : 639


Filter by Year

2012 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 6.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 5.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 4.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 3.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 2.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 1.1 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 6, No 6 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 5 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 4 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 3 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 2 (2018): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 6, No 1 (2018): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 6.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 5.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 4.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 3.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 1.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 5 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 4 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 2 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 5, No 1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 6.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 5.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 4.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 3.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 2.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 1.1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 4, No 6 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 5 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 4 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 3 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 2 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 4, No 1 (2016): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 6.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 5.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 3.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 2.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 1.1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS) Vol 3, No 4 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 3 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 2 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 3, No 1 (2015): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 4 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 3 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 2 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 2, No 1 (2014): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 4 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 3 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 1 (2013): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen Vol 1, No 1 (2012): Didaktik PGSD Kebumen More Issue