KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 6 (2017): KALAM CANDEKIA PGSD KEBUMEN

PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KALENG TAHUN AJARAN 2013/2014

Ferry Hidayah, Dhini (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2014

Abstract

Abstrak : Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kaleng Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng; (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat dengan penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng; (3) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus,tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan bulat. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng Tahun Ajaran 2013/2014. Kata Kunci : Model Quantum Teaching, pembelajaran Matematika, siswa kelas IV.

Copyrights © 2017