KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 2.1 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN (EDISI KHUSUS)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG ENERGI PADA SISWA KELAS IV SDN KETIWIJAYAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Putri, Septina Cipta (Sebelas Maret University)
Suyanto, Imam (Unknown)
Rokhmaniyah, Rokhmaniyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Abstrak: Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Energi pada Siswa Kelas IV SDN Ketiwijayan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran IPA tentang energi melalui penerapan model PBL dengan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ketiwijayan tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah PBL dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Ketiwijayan. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan hasil pembelajaran pada tiap siklus. Persentase ketuntasan pada siklus I=75,58%, siklus II=82,98%, dan siklus III=85,71%.Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Media Konkret, IPA

Copyrights © 2017