KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 1, No 2 (2012): Didaktik PGSD Kebumen

PENGGUNAAN MEDIA UANG DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KALISABUK 2

FIRDAUS, MIFTAKHUL (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2012

Abstract

Abstrak: Penggunaan Media Uang dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri Kalisabuk 2. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatnya hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri Kalisabuk 2 melalui penggunaan media uang, (2) mendeskripsikan penggunaan media uang yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri Kalisabuk 2. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Hasil belajar matematika pada siswa kelas III sangat rendah. Agar hasil belajar matematika lebih meningkat, guru mengupayakan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan lebih praktis. Pemilihan media uang merupakan alternatif yang dapat ditempuh. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media uang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Kata Kunci: Media Uang, Hasil Belajar Matematika.   Abstract: The use of Money Media Improved Learning Result in Mathematics in III Grade SD Negeri Kalisabuk 2. The results of studying mathematics subject of money is very low III grade students. In order for the learning of mathematics subject more money increases, teachers pursue learning process more fun and more practical. Media selection is an alternative currency that can be taken. This research method uses classroom action research method. Purpose of this research was (1) increased mathematics learning result in Mathematics in III Grade SD Negeri Kalisabuk 2, (2) describe the use of  money media to improve learning result in Mathematics in III Grade SD Negeri Kalisabuk 2. The results showed that the use of  money media can improve learning result in mathematics. Keywords: Money Media, Mathematics Learning Result.

Copyrights © 2012