KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN
Vol 5, No 3 (2017): KALAM CENDEKIA PGSD KEBUMEN

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MUNGGU TAHUN AJARAN 2013/2014

Sugiarti, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2014

Abstract

Abstrak: Peningkatan Keterampilan Proses IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas V sekolah dasar dengan menerapkan tipe NHT. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses IPA setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan tipe NHT pada siswa kelas V sekolah dasar. Simpulan penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Tipe NHT, Keterampilan Proses, IPA

Copyrights © 2017