Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick dan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X SMK Kristen 1Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi dan X Administrasi Perkantoran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Kelas X Akuntansi dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 diberikan treatment dengan model pembelajaran talking stick dan kelas X Administrasi Perkantoran dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 diberikan treatment dengan model pembelajaran snowball throwing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah uji beda (Independent Samples Test) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan software SPSS 21.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kewirausahaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan kelas yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar kewirausahaan (Fhitung=10,687 >Ftabel 2,007584 ) pada taraf signifikansi 0,05 atau 5%.This study was conducted to find out whether there?s a different in students? entrepreneurship learning outcome through 2 different study model, talking stick and snowball throwing study model.A quantitative experimental study was conducted to all of 10th grader in SMK Kristen 1 Surakarta. Chosen subjects were taken through cluster sampling methods and came from Accounting and Office Administration 10th grader. 21 subjects in 10th grade Accounting were taught with talking stick study model and32 subjects in 10th grade Office Administration were taught with snowball throwingstudy model. Data collection techniques in this study is documentation and a written test. The data in this study was analyzed using Independent Samples Test technique with 5% signification. Normality and homogeneity test were done using SPSS 21.According to study and analytical data result, it can be concluded that there?s a difference in entrepreneurship learning outcomes between subjects taught with talking stick and snowball throwing study model (Fcounted = 10,687 > Ftable2,007584) at 5% level of significant.
Copyrights © 2016