Pendidikan Tata Niaga
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi

PENGARUH MOTIVASI FUNGSIONAL TERHADAP MINAT MAHASISWA MENJADI VOLUNTEER PENDIDIKAN DI SOLO MENGAJAR

Devi Pratiwi, Ervin (Unknown)
., Sunarto (Unknown)
Sabandi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2015

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menjadi volunteer pendidikan di Solo Mengajar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi fungsional antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan metode survey sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling dan simple random sampling dengan cara undian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi fungsional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa menjadi volunteer pendidikan di Solo Mengajar. Simpulan selanjutnya menjelaskan efek moderasi jenis kelamin. Hasil analisis t-statistik yang menunjukkan bahwa jenis kelamin memiliki hasil yang signifikan pada motivasi understanding dan protective.

Copyrights © 2015