Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication
Vol 1, No 2 (2011): August 2011 - January 2012

ONLINE CONSUMERS AND THE APPLICATION OF USES AND GRATIFICATION THEORY Case Study: The Kaskus Website

Kania, Dessy (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Bakrie)
Agatha, Nadia (SemutApi Colony)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2011

Abstract

Dalam kehidupan keseharian, kita tidak dapat terhindar dari perkembangan teknologi komunikasi yang semakin cepat terutama di bidang new media.  Akses untuk website dan internet forum site merupakan salah satu benefit yang ditawarkan dari  new media yang paling diminati oleh pengguna internet di Indonesia.  Bertambahnya  internet forum site yang memberikan kemudahan secara   online untuk para pengguna internet untuk dapat melakukan percakapan dalam bentuk pesan yang di-posting juga menambah keramaian penggunaan internet di Indonesia.  Penelitian ini ingin mengungkapkan bagaimana keberhasilan salah satu  internet forum site yaitu Kaskus sebagai situs lokal yang paling sering dikunjungi dan mempunyai anggota terbanyak sehingga menempati posisi keenam dalam peringkat  10  Top Sites in Indonesia.  Penggunaan teori  uses and gratification diperlukan untuk menganalisis perkembangan situs kaskus serta  consumer online yang sifatnya aktif dan dinamis.  Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif menggunakan in-depth interview baik terhadap para pengelola situs Kaskus maupun pengguna situs sebagai sumber data.  Hasil yang dicapai dari penelitian ini menyatakan bahwa keberhasilan situs Kaskus tidak jauh dari fitur teknologi web 2.0 yang dapat memfasilitasi komunikasi interaktif di antara pengguna dan konten situs yang memang dihadirkan berdasarkan kebutuhan para pengguna situs tersebut. Kata Kunci:   media baru, khalayak aktif, komunikasi interaktif, teori uses and gratification, situs forum internet.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

Journal_Communication_spectrum

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Communication Spectrum Capturing New Perspectives in Communication, terbit dua kali setahun (Februari dan agustus) diiterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie (FEIS UB) sebagai media atau wacana persepektif baru di bidang ilmu ...