Singuda ENSIKOM
Vol 10, No 26 (2015)

Perancangan Sistem Informasi Penampil Iklan Multimedia Secara Digital Berbasis IP

Jehuda Naftali Marbun (Unknown)
Soeharwinto Soeharwinto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2015

Abstract

Penggunaan media digital sebagai sarana beriklan pada saat ini belum seluruhnya terstruktur dengan baik. Kebanyakan media digital tidak saling terhubung satu dengan yang lain, sehingga pengaturannya tidak dapat dilakukan melalui satu media. Tulisan ini membahas penerapan sebuah informasi yang dapat mempermudah pengaturan sistem penanyangan iklan digital tersebut serta dapat melakukan komunikasi secara multicast. Dalam sistem ini seluruh media digital yang menayangkan digital saling terhubung ke dalam sebuah jaringan komputer dan dikendalikan melalui sebuah server oleh seorang admin. Pengaturan penayangan iklan cukup melalui server saja, mulai dari memperbaharui konten, merubah tampilan layar iklan, dan menetapkan jadwal untuk menayangkan iklan. Komunikasi yang dilakukan oleh sistem yang dibangun ini terjadi secara unicast dengan memanfaatkan alamat IP kelas C. Komunikasi secara multicast dengan memanfaatkan protokol real time (RTP) dan alamat IP kelas D tetap dapat berjalan, namun data yang diterima media digital tidak dapat dijalankan karena sistem ini tidak mendukung format protokol RTP.

Copyrights © 2015