Jurnal Teknik Industri USU
Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Teknik Industri USU

PERANCANGAN SISTEM PELAYANAN INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA UNIVERSITAS XYZ

Jessica Novia (Universitas Sumatera Utara (USU))
Humala L Napitupulu (Universitas Sumatera Utara (USU))
Mangara M Tambunan (Universitas Sumatera Utara (USU))



Article Info

Publish Date
04 Mar 2013

Abstract

Perpustakaan merupakan fasilitas penting pendukung proses belajar mengajar pada perguruan tinggi. Perpustakaan berfungsi terutama untuk penyediaan bahan bacaan kepada mahasiswa dan dosen. Pada Universitas XYZ, pelayanan perpustakaan secara manual membuat proses pelayanan dan pendataan bacaan berlangsung lama. Di samping itu, mahasiswa dan dosen harus datang ke unit perpustakaan untuk mendapatkan informasi mengenai buku yang ingin dipinjam. Pelayanan peminjaman buku dengan satu orang petugas perpustakaan sangat terbatas untuk melayani sekitar 110 sampai 120 peminjam atau pengunjung per hari. Diperlukan upaya-upaya pengembangan jenis layanan dan kapasitas layanan untuk meningkatkan layanan perpustakaan dengan menerapkan rancangan yang diperoleh dari hasil penelitian dan perbaikan / rekayasa proses bisnis (Business Process Improvement / Business Process Reengineering BPI/BPR). Perbaikan proses bisnis ini didukung dengan perancangan sistem informasi perpustakaan dengan metode waterfall. Perancangan sistem informasi dilakukan dengan mengembangkan  layanan online melalui jaringan internet untuk memberikan layanan yang cepat kepada mahasiswa dan dosen sehingga terjadi peningkatan layanan. Peningkatan pelayanan setelah perbaikan atau rekayasa proses bisnis diukur dengan lama pelayanan dan jumlah mahasiswa yang dapat dilayani. Hasil dari realisasi pengembangan yang dilakukan adalah peningkatan jumlah mahasiswa yang dapat dilayani dengan lama pelayanan yang lebih cepat. Pelayanan peminjaman buku yang memerlukan waktu sekitar 14 menit menurun menjadi sekitar 2 menit, pelayanan pengembalian buku yang memerlukan waktu sekitar 18 menit menurun menjadi sekitar 4 menit, dan pelayanan informasi jurnal dan majalah yang memerlukan waktu sekitar 12 menit menurun menjadi sekitar 2 menit.

Copyrights © 2013