Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 8, No 1 (2019)

Perancangan Aplikasi Anatomi dan Fisiologi pada Sistem Kardiovaskular sebagai Pendukung Pembelajaran Mahasiswa Kedokteran Umum

Ade Nobi Miranto (Departemen Desain Produk Bidang Studi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Kartika Kusuma Wardani (Departemen Desain Produk Bidang Studi Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Anatomi dan fisiologi adalah ilmu dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa kedokteran. Banyaknya materi yang harus dipelajari membuat mahasiswa kedokteran mengalami kesulitan dalam mengingatnya. Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa kedokteran banyak yang menggunakan video dan aplikasi. Sehingga, penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menghafalkan materi anatomi dan fisiologi dengan tetap memberi ruang untuk mahasiswa kedokteran mempelajari dengan cara yang kreatifnya masing-masing. Metode yang dilakukan dalam perancangan ini, yaitu dengan melakukan studi eksploratif kepada mahasiswa kedokteran tentang cara belajar anatomi dan fisiologi, dengan menyebarkan kuisioner, melakukan wawancara, dan mempelajari personal inventory mereka, berupa catatan yang telah mereka buat. Selanjutnya, konten anatomi dan fisiologi dipelajari dengan melakukan studi literatur berupa buku anatomi dan fisiologi. Materi anatomi dan fisiologi dalam perancangan ini dibatasi hanya pada sistem kardiovaskular. Perancangan ini menghasilkan luaran berupa aplikasi anatomi dan fisiologi yang memiliki konsep “Personal Journal for Future Doctor”. Aplikasi anatomi dan fisiologi ini memiliki fitur catatan, animasi, tombol interaktif, dan dilengkapi dengan jurnal visual sebagai buku aktivitas dan catatan. Oleh karena terancangnya aplikasi anatomi dan fisiologi ini, diharapkan mahasiswa kedokteran dapat berhasil terbantu dalam belajar anatomi dan fisiologi.

Copyrights © 2019