Biota: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati
Vol 10, No 3 (2005): October 2005

Metode Antagonistik Langsung untuk Skrining Bakteri Laut Penghasil Senyawa Anti-methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA)

Isnansetyo, Alim (Unknown)
Kamei, Yuto (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2019

Abstract

Metode yang berbasis antagonistik langsung antara bakteri laut dan Staphylococcus aureus resistan metisilin (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus, MRSA) berhasil digunakan untuk skrining bakteri laut penghasil senyawa anti-MRSA. Metode ini menggunakan medium agar lapis ganda untuk mendukung pertumbuhan bakteri laut dan MRSA. Beberapa bakteri laut penghasil senyawa anti-MRSA berhasil diisolasi dengan metode ini. Suatu bakteri laut, strain O-BC30 merupakan bakteri yang paling kuat menghambat pertumbuhan MRSA. Isolat-isolat bakteri yang didapat menunjukkan aktivitas yang stabil terhadap MRSA dan aktivitas ini juga konsisten dengan aktivitas ekstrak yang diperoleh dari sel bakteri yang dikultur pada medium agar. Metode ini sangat berguna dan efisien untuk skrining bukan hanya bakteri penghasil senyawa anti-MRSA tetapi juga bakteri penghasil antibiotik.

Copyrights © 2005






Journal Info

Abbrev

biota

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Biota: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Hayati merupakan jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian, kajian-kajian pustaka dan berita-berita terbaru tentang ilmu dan teknologi kehayatian (biologi, bioteknologi dan bidang ilmu yang terkait). Biota terbit pertama kali bulan Juli 1995 dengan ISSN ...