Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam
Vol 16, No 2 (2019)

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Metode Hypnoteaching

Syaifuddin, Muh (Unknown)
Afiif, Ahmad (Unknown)
Damayanti, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui pembelajaran metode hypnoteacing di kelas VIII MTs Negeri Balang-Balang. Jenis penelitian dilakukan menggunakan quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terpilih menggunakan teknik purposive sampling dengan mepertimbangkan homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 26 soal. Setelah dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial menggunakan uji Mann-Whitney hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah diberikan perlakuan, didapatka hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 0,05, yang membuktikan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran hypnoteacing. Hasil itu dibuktikan dengan hasil analisis deskriptif yang menunjukan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik. Rata-rata hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran hypnoteacing sebesar 80,37 lebih tinggi dibanding rata-rata hasil belajar tanpa menggunakan metode hypnoteacing sebesar 48,31. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

psiko

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Neuroscience Public Health

Description

Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam ISSN (print): 1829-5703 ISSN (media online) : 2655-5034 adalah media komunikasi dan publikasi ilmiah di bidang ilmu Psikologi yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Psikoislamika: Jurnal Psikologi ...