Studi Kasus Inovasi Ekonomi
Vol 1, No 2 (2016)

STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL BAGI PENGRAJIN BATIK

Sayogo, Djoko Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategipemasaran berbasis media sosial bagi pengrajin Batik diDolokgede, Bojonegoro. Penelitian mengkombinasikanwawancara, observasi dan analisa dokumen sebagaimetodologi untuk mengidentifikasikan permasalahanpengrajin, menentukan kebutuhan konsumen/potensikonsumen dan merancang tindakan strategis yang dapatdilakukan pengrajin Dolokgede untuk menggunakan mediasosial sebagai penunjang pemasaran produk mereka.Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kamimengusulkan penggunaan Facebook sebagai alat untukpenunjang pemasaran dengan tiga tujuan: a) meningkatkanjumlah basis ?anggota (teman)? dalam laman Dolokgede, b)meningkatkan reputasi merek produk melalui komunitas?anggota (teman)?, dan c) melakukan update kegiatanpengrajin ke komunitas ?anggota (teman)?. Untuk itu, kamimengusulkan 4 rencana tindakan strategis pemasaran, yaitu: a)memposting konten tentang aktivitas kerja mereka sehari-haridalam bentuk cerita (story), b) meng-audit dan update lamanfacebook secara berkelanjutan, c) meningkatkan ?like? dankomentar melalui posting konten interaktif dan d)meningkatkan keterlibatan komunitas ?anggota (teman)?.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

skie

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis ...