cover
Contact Name
Novi Puji Lestari
Contact Email
novipujilestari61@gmail.com
Phone
+6282232951386
Journal Mail Official
novipujilestari61@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Studi Kasus Inovasi Ekonomi
ISSN : 25286269     EISSN : 26232103     DOI : https://doi.org/10.22219/skie.v3i2
Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis digital; 4) pengembangan dan pemberdayaan usaha kecil, mikro dan menengah (UKM); dan 5) pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan.
Articles 154 Documents
PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PELATIHAN APLIKASI AKAD JASA KEUANGAN KOPERASI SYARIAH, BAGI KELOMPOK UMKM DI CEMPAKA PUTIH Setianingrum, Any
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 2, No 02 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.441 KB) | DOI: 10.22219/skie.v2i02.5563

Abstract

Pelatihan akad syariah diberikan kepada para PKL (Pedagang Kaki Lima), yang berlokasi di Cempaka Putih Timur berdekatan dengan Universitas YARSI, bertujuan sebagai persiapan sebelum membentuk koperasi secara resmi.  Diharapkan saat koperasi telah resmi terbentuk, anggota dan pengurus telah menguasai betul bagaimana operasional koperasi berbasis syariah. Akad-akad syariah, yakni mudharabah, ijarah dan syirkah dapat membantu PKL dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan produksi dan pemasaran. Berbagai kerja sama dengan akad syariah yang dapat dilakukan para PKL antara lain pembelian sembako, perawatan tenda penjualan dan pengadaan gudang, supaya dapat menekan harga produksi dan jual. Akad syariah juga dapat memenuhi kebutuhan anggota keluarga PKL seperti berobat, biaya sekolah anak dan lain-lain biaya emergensi keluarga supaya tidak mengganggu perputaran uang usaha. Kata Kunci: koperasi, akad syariah, PKL,  uang usaha.
STRATEGI PEMASARAN BERBASIS MEDIA SOSIAL BAGI PENGRAJIN BATIK Sayogo, Djoko Sigit
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1435.95 KB) | DOI: 10.22219/skie.v1i2.4467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategipemasaran berbasis media sosial bagi pengrajin Batik diDolokgede, Bojonegoro. Penelitian mengkombinasikanwawancara, observasi dan analisa dokumen sebagaimetodologi untuk mengidentifikasikan permasalahanpengrajin, menentukan kebutuhan konsumen/potensikonsumen dan merancang tindakan strategis yang dapatdilakukan pengrajin Dolokgede untuk menggunakan mediasosial sebagai penunjang pemasaran produk mereka.Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kamimengusulkan penggunaan Facebook sebagai alat untukpenunjang pemasaran dengan tiga tujuan: a) meningkatkanjumlah basis ?anggota (teman)? dalam laman Dolokgede, b)meningkatkan reputasi merek produk melalui komunitas?anggota (teman)?, dan c) melakukan update kegiatanpengrajin ke komunitas ?anggota (teman)?. Untuk itu, kamimengusulkan 4 rencana tindakan strategis pemasaran, yaitu: a)memposting konten tentang aktivitas kerja mereka sehari-haridalam bentuk cerita (story), b) meng-audit dan update lamanfacebook secara berkelanjutan, c) meningkatkan ?like? dankomentar melalui posting konten interaktif dan d)meningkatkan keterlibatan komunitas ?anggota (teman)?.
IBM KELOMPOK WIRAUSAHA MUDA DUSUN BLUMBANG DESA NGEMBUL KECAMATAN BINANGUN, BLITAR Irawati, Sandra
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v1i1.4453

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah terkuranginya pengangguranmuda di desa tersebut, warga khususnya pemuda dapat lebihtermotivasi untuk berinovasi di desanya sendiri, komoditidesa yang utama bisa menjadi kelebihan yang unik danberbeda yang tentunya akan lebih menarik minatkonsumennya, dan mitra akan lebih mengenal iklim bisnis.Metode pendekatan yang dilakukan adalahdengan pendekatansecara intensif secara sosialisasi langsung dengan mitra untukmemotivasi mereka malakukan usaha yang berasal dari hasilbumi desa, melakukan sharing ide, memancing mitra untukmemiliki ide sendiri yang kreatif dan menyesuaikan dengankemampuan produksi, pelatihan dibimbing orang yangberpengalaman secara sederhana, praktek pengolahanditunjukan secara langsung kepada mitra agar bisadipraktekkan, memberikan pencerahan secara langsungtentang strategi bisnis melalui internet oleh ahlinya dan mitramempraktekannya, dan pendampingan manajemen secaraberkelanjutan untuk mengelola manajemen usaha. Rancanganevaluasinya adalah sebesar apa tingkat ketertarikan merekauntuk memulai usaha, hal ini bisa kita lihat dari jumlahpartisipan pada awal kegiatan, sejauh mana mitra dapatmenangkap tujuan dan manfaat untuk mereka sendiri, sejauhmana pemahaman mitra terhadap pelatihan program ini,sebanyak apa intensitas produksi yang mereka lakukan,bagaimana mereka menjaga kualitas produknya, danpeningkatan jumlah produk yang terjual.
PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH MELALUI FASILITASI USAHA PEMBUATAN DUPA Sari, Novi Primita
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 3, No 01 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.487 KB) | DOI: 10.22219/skie.v3i01.7461

Abstract

Development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Through Incense Manufacturing Business Facilities (Case Study in Gondang Tegalgondo Village, Karangploso, Malang District). Internal development efforts from household entrepreneurs that produce output in the form of incense to increase potential by using initial capital with their own savings. However, because this business is still a small household business, there are several constraints, including limited human resources, lack of facilities and infrastructure to support production, and packaging of incense products as well as low knowledge about entrepreneurship, resulting in no increase in economic value due to market share the destination is still around Bali and surrounding Malang. The solutions offered to partners are counseling and socialization and discussion with partners. The result of the discussion was that partners began to understand production management efficiently by involving technologies such as incense drying tools that were still being processed, so that even though the rainy season could still produce, partners also got the knowledge that the importance of providing trade name labels related to incense was produced to add value economical on goods produced.
PENINGKATAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN REUSE, REDUCE DAN RECYCLE MELALUI PRINSIP THINK GLOBALLY AND ACT LOCALLY DI RT.01 RW.01 DS. DADAPREJO KOTA BATU Kusuma, Hendra
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v1i1.4443

Abstract

Waste management by the community to be thesolution the problem of household waste. Startingfrom household waste is not treated properly andcorrectly so that the waste is considered as goodsthat do not have economic benefits. Proper wastemanagement can bring benefits to the environmentand can add to the household income through theresults if the waste in the form of fertilizer and itsderivatives. Implementation of the service isimplemented through several stages: planning,outreach and manufacture decomposer. To push ofcom-munities to manage waste properly, it needed anintegrated waste management system within thescope of the neighborhoods where the results of themanagement of such waste can be used as fertilizerthat can be utilized alone or sale. The results of theimplementation of this devotion are the formationdecomposer that can be used by communi
PENDAMPINGAN MANAJEMEN USAHA PADA UKM IT (INFORMATION TECHNOLOGI) DI MALANG Zubaidah, Siti
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 2, No 01 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.101 KB) | DOI: 10.22219/skie.v2i01.5496

Abstract

Tujuan Pengabdian ini adalah membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat sebagai calon pengusaha yang mandiri secara ekonomi dengan target khusus yang ingin dicapai adalah memberikan pendampingan dalam manajemen usaha terutama pengelolaan keuangan dan pendampingan dalam pembukuan dan penyusunan anggaran modal yang dilaksanakan pada UKM IT (Information Technology) di Malang.     Mitra dalam pengabdian ini adalah usaha ?The Mastej Studio? yang bergerak dalam bidang jasa pembuatan software, website, dll. Kantornya ada di Jalan Delima Kav. 66 Dermo, Mulyoagung Malang. Permasalahan yang dikeluhkan mitra adalah pengelolaan keuangan yang belum baik, belum mampu menyusun perencanaan keuangan, belum mampu menganalisis BEP, belum mampu menyusun Laporan keuangan. Metode yang akan dipakai dalam menyelesaikan masalah mitra adalah memberikan pendampingan dan tutorial dalam  pengelolaan keuangaan.
RINTISAN BISNIS KANTIN SEHAT PAUD KASIH IBU 1 DI DESA MOJOREJO KOTA WISATA BATU UR, Dicky Wisnu
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.876 KB) | DOI: 10.22219/skie.v1i2.4463

Abstract

Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Batu sangat banyak namun sebagian dari sekolah mereka belum mempunyai unit bisnis yang bisa digunakan untuk melatih siswa bermain peran dan untuk tambahan penghasilan PAUD.Tujuan pengabdian ini adalah untuk merintis dan mengembangkan Bisnis Kantin Sehat PAUD Kasih Ibu di Desa Mojorejo Kota Wisata Batu. Perintisan usaha kantin sehat ini diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan untuk tambahan dana operasional dan melatih para siswa dan gurunya di bidang kewirausahaan. Metode Pelaksanaan yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah pelatihan, pendampingan terhadap PAUD dan memberikan sosialisasi kepada guru tentang pentingnya rintisan bisnis untuk PAUD Kasih Ibu serta bisa membantu mewujudkan impian PAUD untuk membuat kantin. Rangkaian kegiatan nanti akan dimulai dari sosialisasi program sampai menghasilkan output yang diharapkan oleh pihak mitra dan tim pengabdian.
PENINGKATAN NILAI EKONOMIS BUAH PISANG KELOMPOK TANI WANA GIRI BANJAR BADINGKAYU PENGERAGOAN JEMBRANA Nirmala, Bagus Made Sabda; Ardiyasa, I Wayan; Upadani, I Gusti Ayu Widari
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 3, No 2 (2019)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.685 KB) | DOI: 10.22219/skie.v3i2.9756

Abstract

Giri Desa pengeragoan, Banjar Badingkayu terletak di Jembrana. Kelompok Tani ini terletak sekitar 68,7 Km dariDenpasar. Jumlah penduduk di Banjar Badingkayu, berjumlah sekitar 450 KK, mayoritas sebagai petani yangtergabung dalam kelompok-kelompok tani. Salah satu komuditas yang dihasilkan adalah buah pisang sebanyak 1000-2500 buah sekali panen, dengan periode panen 1-2 minggu. Tetapi masih terdapat kendala yang dihadapi oleh anggotakelompok tani ini yaitu nilai jual buah pisang yang dihargai rendah dikarenakan persaingan buah pisang yang berasaldari luar Bali. Kendala kedua adalah, anggota kelompok tani ini masih terkendala kreativitas dalam meningkatkan nilaiekonomis pisang. Pengabdian ini, memberikan pelatihan pengolahan hasil panen buah pisang menjadi keripik pisangvarian rasa, memberikan bantuan alat vacuum frying, melakukan promosi produk dengan digital marketing,menggunakan website dan media sosial. Selain itu, dilakukan juga pengemasan dan branding logo produk keripikpisang. Pengemasan ini, dapat digunakan sebagai brand packaging keripik pisang dan awareness promosi produkkeripik pisang ini.
IBM BAGI WIRAUSAHA MUDA Wahyuni, Endang Dwi
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/skie.v1i1.4449

Abstract

IbM to be performed aims to help partners in theproduction and marketing of business partners.Another goal is to help partners to improvecompetitiveness, so that the company'scompetitiveness can be improved, it needs someimprovement and development to be done bypartners, such as fixing the production process,product design and the addition of media onlinemarketing with others and collaborate with otherparties. This is because the company'scompetitors are already using more advancedtechnology, while the partners are still usingsimple technology (manual). so the quality of theproduct is less good and less attractive. In orderto increase competitiveness and sales, thecompany needs to improve its product design andthe use of digital printing in the screen printingproducts (T-shirts). RGB Merch partnercompany that is a company that produces a kindshirt distro, where a machine or equipment usedis still simple. While com-petitors are alreadyusing advanced techno-logies.For businessdevelopment and to en-hance competitiveness,the company partners should immediately use amore sophisticated production equipment so thatproduct quality could be better. In addition theuse of sophis-ticated equipment can producemore output so that the production cost can bereduced. On-line shop to expand the networkusing a variety of existing social networking,such as face-book, nice shops, and others. It isalso Eny Suprapti Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMMnecessary to make cooperation with varioussuppliers of goods, so as to increase thecompleteness of goods sold. After the serviceteam provides assistance and businessconsulting. Companies partner to makeimprovements, both in the production andmarketing process, so that partner companiescan increase the number and quality of products,and the production cost can be reduced. Inaddition, partner com-+panies can expandmarketing network, and collaborating withsuppliers, so that products sold more varied andcan be more known to the public, increasingsales and profits also increased.
IBM APLIKASI LEAN PRODUCTION DAN ELECTRONIC TELESHOPING PADA BISNIS YOGHURT Rumijati, Aniek; Suprapti, Eny
Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol 2, No 02 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.108 KB) | DOI: 10.22219/skie.v2i02.7042

Abstract

Perusahaan mitra (Rumah Yoghurt dan Pure Yoghurt) merupakan perusahaan kecil yang ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yoghurt serta memperluas pangsa pasar tidak hanya di kota Batu dan kabupaten Malang saja tetapi dapat lebih luas sampai Malang Raya atau Jawa Timur. Kendala yang dihadapi saat ini adalah proses produksi dilakukan pada ruang yang kurang steril (agak terbuka) dan proses pengemasan produk masih manual sehingga perlu waktu pengemasan yang agak lama. Kedua hal tersebut sangat mempengaruhi terhadap kualitas produk yoghurt. Tingkat kerusakan produk dapat diatasi dengan melakukan proses produksi dengan menggunakan konsep lean production. Di bidang pemasaran, perusahaan masih mengandalkan direct marketing dengan cara bertemu langsung ?face to face? dengan pelanggan, dan menyebar brosur. Cara ini akan lebih efektif jika ditambah media promosi secara online atau electronoic teleshopping dengan menggunakan situs web perusahaan atau blog perusahaan sebagai ajang promosi yang murah dengan jangkauan pangsa pasar yang sangat luas. Untuk itu IbM ini bertujuan membantu mitra untuk : (1) menghasilkan produk yoghurt dengan kualitas yang lebih baik dan tingkat produktivitas yang tingg dan (2) membantu dalam pemasaran produk. Hasil yang dicapai dari program pengabdian masyarakat ini adalah: (1) Pemahaman tentang lean production ; (2)  Motivasi bisnis yang meningkat; (3)Pemasangan AC dan Cup Sealer pada mitra; (4) Pembuatan blog  perusahaan; (5)  Penguatan pada bagian pemasaran melalui :  jaringan kerjasama yang lebih luas , perubahan desain logo yang lebih menarik, menambah varian rasa dan adanya diversifikasi produk

Page 1 of 16 | Total Record : 154