Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Vol 7 No 2: April 2020

Penentuan Jarak Karakter Pemain dengan Karakter Bukan Pemain yang Harus Mengikuti Pemain pada Pengembangan Game Simulasi Mitigasi Bencana Erupsi Gunung

Henny Widowati (Departemen Program Magister Manajemen Universitas Gunadarma)
Rachma Putri Widhowati (Departemen Sistem Informasi, Universitas Gunadarma)
Sulistyo Puspitodjati (Departemen Teknik Informatika Universitas Gunadarma)
D.L. Crispina Pardede (Departemen Teknik Informatika Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2020

Abstract

Game simulasi sering melibatkan karakter pemain (player character) dan karakter bukan pemain (non player character) (KBP/NPC), sebagaimana pada game simulasi mitigasi bencana erupsi gunung yang sedang dikembangkan. Salah satu bentuk interaksi antara karakter pemain dengan KBP adalah KBP harus mengikuti karakter pemain. Pemrograman agar KBP mengikuti pemain, perlu menentukan jarak sejauh apa sehingga KBP secara otomatis mengikuti pemain. Penentuan jarak antara karakter pemain dengan KBP  menjadi bahasan dalam makalah ini. Jarak dihitung secara matematis menggunakan konsep pitagoras, dan dengan pertimbangan estetika visual. Salah satu unsur visual yang dipertimbangkan adalah bentuk, baik KBP maupun bentuk karakter pemain. Jarak yang merupakan hasil perhitungan digunakan sebagai batasan untuk menganimasi (menggerakkan) KBP mengikuti karakter pemain. Animasi KBP, yaitu karakter berupa sapi dan manusia mengikuti pemain adalah bagian dari pengembangan game simulasi mitigasi bencana erupsi gunung berapi. Pengujian dengan membuat karakter pemain dan collider yang ada pada KBP bertumbukan atau bersentuhan berhasil membuat KBP bisa mengikuti karakter pemain sesuai dengan jarak yang ditentukan, dan berhasil mencapai tujuan. AbstractSimulation games often involve player characters and non-player characters (NPC), as in the mountain eruption disaster mitigation simulation game developed. One form of interaction between player characters and NPC is that NPC must follow the player character. Programming so that NPC follows players requires determining the distance so that NPC automatically follows the player. Determination of the distance between player characters (players) and non-player character objects (NPC) is discussed in this paper. The distance is measured mathematically using the pythagorean concept and visual aesthetics consideration. One visual element considered is the shape, both NPC and the player's own shape. The resulting distance is used as boundary to animate (move) NPC following the player's character. NPC's animation: the character of cows and humans following players is part of the development of mitigation simulation games for volcanic eruptions. The test, by making the player character and the collider on the NPC collide,  succeeded in making the NPC follows the player character according to the specified distance, and succeeded in achieving the goal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JTIIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya (UB), Malang sejak tahun 2014. JTIIK memuat artikel hasil-hasil penelitian di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. JTIIK berkomitmen ...