Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender
Vol 18, No 2 (2019): Marwah

KONSEP PENDIDKAN ANAK MARGINAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT

Meri Sandora (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pendidikan untuk anak-anak yang termarginalkan. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapatnya anak marginal pada masyarakat kita. Anak-anak marginal ini belumlah mendapatkan hak-haknya sebagaimana anak-anak pada umumnya, terutama dalam hal mendapatkan pendidikan baik itu formal maupun informal. Hal ini dilatarbelakangi oleh ekonomi keluarga, dan kondisi sosial. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak-anak marginal belum mendapat pendidikan yang layak, padahal sekarang ini sudah terdapat rumah singgah untuk mereka mendapatkan pendidikan dan keterampilan. Namun sayangnya rumah singgah ini belumlah tersosialisasi dengan baik kepada mereka. Rumah singgah ini adalah sebagai tempat untuk mereka mendapatkan pendidikan dan keterampilan agar mereka mempunyai keahlian guna memperoleh pekerjaan yang lebih layak

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

marwah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender (Online ISSN 2407-1587 | Print ISSN 1412-6095) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini sudah terbit sejak tahun ...