ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui stratergi komunikasi caleg DPRD Muna pada pemilu tahun 2019 dalam meraih dukungan pemilih pemula di kecamatan Pasikolaga. Penelitian ini menggunakan teori Harold D. Lasswell yaitu cara yang terbaik untuk menerangkan kegiatan komunikasi adalah menjawab pertanyaan siapa, apa yang disampaikan, media apa yang digunakan, siapa sasarannya, dan bagaimana efeknya. Kemudian metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitatif adapun teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang digunakan caleg yaitu dengan persuasi yakni (tiga) door to door, diskusi dan money politik. Sedangkan untuk pesan yang disampaikan caleg kepada pemilih pemula untuk meraih dukungan yaitu pesan yang bersifat persuasif atau membujuk, pesan yang bersifat memaksa dan mengajak. Untuk media yang digunakan caleg dalam menyampaikan pesan kepada pemilih pemula untuk meraih dukungan yaitu media online seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook, selain itu para celeg juga membuat baliho juga membagikan stiker dan kartu nama kepada pemilih pemula agar mudah di ingat pada saat pemilihan di TPS. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Caleg, dan Pemilih Pemula
Copyrights © 2019