AGASTYA: JURNAL SEJARAH DAN PEMBELAJARANNYA
Vol 10, No 1 (2020)

Media Movie Dalam Pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia Untuk Meningkatkan Nasionalisme Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang

Faizah Ulumi Firdausi (IKIP Budi Utomo Malang)
Ferdinan Bashofi (IKIP Budi Utomo Malang)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Pembelajaran sejarah nasional Indonesia memuat kompetensi sebagai sarjana yang memiliki nilai-nilai keindonesiaan dan karakter nasionalisme. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan di Indonesia. Penggunaan media pembelajaran yang efektif dan efesien menjadi modal dasar demi keberhasilan kompetensi yang diharapkan. Media Movie atau film menjadi salah satu media yang dapat di gunakan dalam pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia. Di dalamnya memuat cerita-cerita sejarah yang dirangkum secara singkat dan efesien, tanpa mengurangi dan manambah alur cerita sesuai dengan pustaka yang ada. Media movie menjadi bagian dari multimedia interaktif, yang mana menjadi alternatif media berbasis movie. Mudah diakses dan digunakan mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang, oleh sebab menggunakan kecangihan IT. Multimedia interaktif bisa menjadi media pembelajaran yang efektif, inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan kemajuan IPTEK. Multimedia interaktif berbasis movie dalam pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Sejarah dan Sosiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang sebagai landasan nilai karakter bangsa demi melahirkan generasi bangsa yang nasionalis dan cinta tanah air. Pelaksanaan penelitian diawali dengan research and information, kemudian dilanjutkan dengan analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat meningkatkan karakter nasionalisme mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang melalui media pembelajaran media movie yang dikembangkan. Hasil validasi para ahli materi dan media pengembangan masuk kategori layak untuk diterapkan. Selain itu media ini juga dapat meningkatkan jiwa nasionalisme.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JA

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya is a biannual journal, published by Universitas PGRI Madiun on January and July, with regitered number ISSN 2087-8907 (printed), ISSN 2502-2857 (online). Agastya provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, to deliver and share ...