JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE
Vol 5, No 2 (2019): Oktober 2019

Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus)

Akmaluddin Akmaluddin (Universitas Ubudiyah Indonesia)
Boy Haqqi (Universitas Ubudiyah Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2019

Abstract

Abstrak Kedisplinan merupakan hal yan mutlak harus diterapkan bagi siswa dalam proses belajar mengajar, kedisiplinan belajar adalah salah satu cara untuk membantu peserta didik agar dapat mengembangkan pengendalian diri mereka selama proses belajar mengajar hingga membantu percepatan tujuan pendidikan yang telah diamanatkan dalam undang-undang. Pendekatan   yang   digunakan   dalam   penelitian   ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti memilih SD Negeri Cot Keu Eung kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh sebagai tempat penelitian dengan mengunakan observasi, wawancara dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat beberapa permasalahan mengenai kedisiplinan. Permasalahan tersebut antara lain yaitu sebagai berikut: siswa datang terlambat, tidak membawa pulang buku pelajaran dan alat sekolah, tidak menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak memperhatikan pelajaran, membuang sampah tidak pada tempatnya, berpakaian tidak rapid an lain-lain sehingga dapat disimpulkan 80% siswa bermasalah dalam kedisiplinan belajar dan 20% nya siswa mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Adapun upaya sekolah dalam mengatasi permaslaahan yang ada dengan memberikan punishment (sangsi) bagi siswa yang melanggar aturan sekolah dan reward bagi siswa yang mentaati aturan sekolah dengan harapan kedisiplinan dapat ditegakkan pada SD Negeri Cot Keu Eung kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh.Kata Kunci : Kedisplinan dan Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of the Journal of Education Science (JES), p-ISSN 2442-3106, e-ISSN 2615-5338 is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects ...