Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SMIPT)
Vol 2 (2019): Prosiding Seminar Nasional Kedua Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknolo

PEMBERDAYAAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HIGH ORDER THINKING SKILLS) MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVIS

Henny Setiawati (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Sari Rahayu Rahman (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Jusmiati Jafar (Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2019

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi era industri 4.0 ditunjang oleh pembelajaran berbasis 4C (Creativity, Colaborative, Cooperative, Communicative).Tuntutan pembelajaran berbasis 4C ini diterapkan melalui pemberdayaan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS).Biologi sebagai bagian ilmu pengetahuan alam seharusnya juga memberdayakan HOTS dalam pembelajarannya sehingga dalam mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan perkembangan keilmuan. Hasil orientasi pembelajaran biologi di sekolah menengah sebagian besar masih berorientasi pada penguasaan konsep, belum mengupayakan untuk pemberdayaan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang berimplikasi pada kemampuan kognitif. Permasalahan yang ditemukan pada proses pembelajaran diantaranya terkait kurangnya penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang berimpilikasi pada pemahaman konsep biologi yang rendah. Dibutuhkan suatu strategi pembelajaran konstruktif yang lebih efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.Salah satu strategi yang tepat untuk diterapkan strategi Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R).Penerapan strategi ini dapat memberdayakan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang berimplikasi terhadap perkembangan biologi di era industri 4.0 ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan satu kelas perlakuan yang diperoleh dari hasil uji kesetaraan kelas di SMA Negeri 4 Parepare.Hasil Penelitian menunjukkan ada perubahan persentase keterampilan metakognitif dan berpikir kritis pada pretes ke postes yang berada dalam kategori meningkat.Kesimpulannya bahwa strategi PQ4R dapat memberdayakan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis peserta didik.Hal ini dapat menjadi alternatif dalam upaya memberdayakan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Copyrights © 2019