Abstrak Kewirausahan sosial di era 4.0 merupakan hal yang penting karena bertujuan bukan saja pada ekonomi tetapi juga ada nilai sosial yang dipertahankan. Untuk mencapai dua nilai tersebut, maka diperlukan media untuk mensosialisasikannya. Perguruan Tinggi menjadi relevan dalam hal ini, karena perguruan tinggi mencetak lulusan sarjana tiap tahunnya. Tulisan ini bertujuan menggambarkan aktivitas sosialisasi kewirausahaan di salah satu Perguruan Tinggi sebagi upaya merespons kewirausahan sosial melalui pendidikan. Dengan menggunakan literatur dan pengalaman empirik tulisan menghasilkan kesimpulan bahwa menjadi wirausaha adalah implementasi tujuan dari Perguruan Tinggi Islam. Karena itu, melalui pendidikan kewirausahan mahasiswa disosialisasikan teori kewirausahaan dan praktik kewirausahan melalui program ekspose kewirausahan. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan program tersebut dengan mengacu pada sifat-sifat Nabi Muhammmad SAW seperti shidiq, amanah, fathonah, dan tabliq agar terbangun kerjasama antar civitas akademika dan mitra. Karena itu, Perguruan Tinggi Islam, sekalipun disiplin ilmu murni sangat relevan mencetak wirausahan sosial sesuai dengan tuntutan agama Islam. Kata kunci: Kewirausahaan Sosial, Keinginan Berprestasi, Pemuda, Perguruan Tinggi Islam.
Copyrights © 2019