Ekonomi Bisnis
Tahun 20, No. 2, Juli 2015

Pengaruh Kepemilikan Institusional terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi oleh Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate, dan Building Construction yang Listing di BEI Periode 2012 – 2013)

Intan Larasati (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)
Ely Siswanto (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)
Yuli Soesetio (Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilaiperusahaan yang dimoderasi oleh kebijakan dividen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknyaketidakkonsistenan hasil penelitian sebelumnya mengenai pengaruh kepemilikan institusionalterhadap nilai perusahaan yang juga dipengaruhi oleh pembagian dividen. Oleh karena itu, penulismeyakini bahwa kebijakan dividen ikut mempengaruhi hubungan tersebut. Sampel yang digunakandalam penelitian ini adalah perusahaan sektor property, real estate dan building construction yanglisting di BEI periode 2012 – 2013 yang selalu membagikan dividen. Hasil penelitian menunjukkanbahwa kebijakan dividen menjadi moderator terhadap hubungan antara kepemilikan institusionalterhadap nilai perusahaan dikarenakan adanya kepentingan pemegang saham institusional terhadapdividen yang diperoleh.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EKONOMI BISNIS (Economics, Management, and Business Journal) is a scientific dan peer-reviewed journal published twice a year (May and October) by Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang, Indonesia. Ekonomi Bisnis tries to serve as a communication media, ...