Jurnal Tadris Kimiya
Vol 4, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN SOAL HOTS DENGAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR SEBAGAI MEDIA DISPLAY PADA MATERI STOIKIOMETRI KELAS X

Siti Imroatus Sa'adah (Riau University)
Rasmiwetti Rasmiwetti (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Riau, Jl. H. R. Soebrantas KM 12,5 Panam, Pekanbaru, 28293)
Roza Linda (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Riau, Jl. H. R. Soebrantas KM 12,5 Panam, Pekanbaru, 28293)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan evaluasi berupa Soal HOTS (High Order Thinking Skill) dengan wondershare quiz creator sebagai media display pada materi stoikiometri yang valid dan reliabel. Penelitian dirancang menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Plomp. Pengguna terdiri dari tiga orang guru dan 45 peserta didik kelas XI di sekolah SMA Cendana Pekanbaru, SMA 8 Pekanbaru dan MAN 2 Model Pekanbaru. Objek penelitian adalah soal HOTS dengan wondershare quiz creator sebagai media display. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan. Data penelitian diperoleh dengan memvalidasi soal HOTS dengan wondershare quiz creator sebagai media display kepada lima orang validator (tiga validator materi dan dua validator media) dan uji coba soal HOTS oleh pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan skor rata-rata validator materi berdasarkan aspek materi dengan persentase 95,34%, aspek konstruksi 95,20% dan aspek bahasa 93,14%. Menurut validator media berdasarkan aspek substansi materi dengan persentase 84,00%, desain pembelajaran 86,00%, tampilan (komunikasi visual) 84,00% dan pemanfaatan software 88,57 %. Skor respon pengguna oleh guru dan peserta didik masing-masing 90,67% dan 91,20% dengan kriteria sangat baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tadris-kimiya

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Tadris Kimiya Journal is a Journal published by Department Chemical Education, Tarbiyah & Keguruan Faculty UIN SGD Bandung, has a scope of discussion on education and chemistry ...