Jurnal Dimensi
Vol 8, No 3 (2019): JURNAL DIMENSI (NOVEMBER 2019)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ALQURAN METODE UMMI DI SD MUHAMMADIYAH ASEAN BATAM

Salim Saputra (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Metode Ummi adalah salah satu metode yang mengajarkan membaca Alquran dengan baik dan benar. Tujuan penulisan artikel ini untuk mendiskripsikan penerapan metode Ummi dan mengetahui kendala yang muncul dalam pembelajaran Alquran di SD Muhammadiyah Asean. Hasil simpulan menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Alquran metode Ummi di sekolah tersebut dilakukan melalui tujuh tahapan pembelajaran dan keunggulan metode Ummi terletak pada 10 pilar sistem mutu. Kendala yang ditemukan ada 2 dari 3 guru belum tersertifikasi metode Ummi. Hal ini berdampak kepada proses pembelajaran yang masih terdapat kesalahan-kesalahan dalam membaca dan menghafal Alquran karena tahapan penanaman dan pemahaman konsep belum dikuasai oleh guru. Selain itu, koordinator Alquran juga sebagai kepala sekolah dirasa sangat sibuk dengan urusan administrasi persekolahan, sehingga kontroling internal masih sangat kurang.

Copyrights © 2019