Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis
Vol 1, No 1 (2016): PEKOBIS

READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH SEJARAH TEORI EKONOMI (STUDI PADA MAHAMAHASISWA S1 PENDIDIKAN EKONOMI 01PIEEB FKIP UNIVERSITAS PAMULANG)

Soffi Soffiatun (Unknown)
Saiful Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2017

Abstract

Abstrak: Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan metode pembelajaran terpadu yang menitikberatkan kepada kemampuan komunikasi sehingga siswa mampu membaca dan menulis dengan baik, belajar dengan orang lain, menggunakan media, menerima informasi dan menyampaikan informasi. . Pembelajaran di atas digunakan untuk mengatasi permasalahan dan menambah variasi pembelajaran dalam materi Sejarah Teori Ekonomi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sistem kolaboratif. Secara garis besar aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran model CIRC adalah terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pengenalan konsep, tahap eksplorasi dan aplikasi serta tahap publikasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran mata kuliah Sejarah teori ekonomi dilaksanakan menggunakan pembelajaran CIRC; (2) Respon yang diberikan mahasiswa terhadap pembelajaran CIRC sangat komplek; (3) Hasil belajar mata kuliah Sejarah teori ekonomi diterapkannya pembelajaran CIRC mengalami peningkatan dimana pada pre test hasil belajar mahasiswa diperoleh rata-rata 57,67, sedangkan pada post test siklus 1 diperoleh rata-rata 73,65 dan pada post test siklus 2 juga terdapat kenaikan nilai rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 78,75 (tuntas); (4) Ada beberapa hambatan yang ditemui peneliti dalam pelaksanaan pembelajaran CIRC, dimana hambatan tersulit adalah rasa percaya diri yang rendah mahasiswa dalam mengemukkakan pendapatnya secara lisan, untuk mengatasi hal ini peneliti memberi dorongan dan motivasi kepada mahasiswa supaya berani mengemukakan pendapatnya secara lisanKata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar, Sejarah Teori Ekonomi. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Pekobis

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal PEKOBIS (Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis) is focused in field education, economic and business. The scope of research studies published in PEKOBIS is the field of: EDUCATION (Teaching Material, Teaching Evaluation, Learning Media, Learning Method, Education Technology, Education, ...