EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2019)

CLASSROOM MATHEMATICAL QUESTIONING SKILL (CMQS) MAHASISWA PRAKTIKAN MICRO TEACHING

Febrian Febrian (Universitas Maritim Raja Ali Haji)
Puji Astuti (Universitas Maritim Raja Ali Haji)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah salah satu aspek kemampuan mengajar dikenal sebagai Classroom Mathematical Questioning Skill (CMQS) mahasiswa praktikan pada mata kuliah Micro Teaching semester genap tahun 2018 di Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji. Penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif ini menggunakan observasi langsung sebagai teknik pengumpulan data pada aspek keterampilan mengajar. Untuk dapat mengukur CMQS sebagai satu dari banyak aspek keterampilan mengajar yang diteliti, digunakan teknik penilaian dengan lembar penilaian yang diisi pakar setelah melakukan observasi langsung. Data mentah dari lembar penilaian keterampilan mengajar diolah menggunakan analisis model RASCH pada aspek item measure, dan person-map item. Hasil analisis menunjukkan bahwa CMQS merupakan aspek mengajar tersulit bagi mahasiswa praktikan dengan item measure bernilai logit 2,52. Hanya 14,5% praktikan yang mampu menunjukkan kemampuan memuaskan dalam CMQS. Selanjutnya hasil analisis dan observasi langsung dijadikan landasan dalam mendeskripsikan CMQS mahasiswa praktikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa praktikan memiliki keterbatasan dalam memberikan pertanyaan bertipe high level dan sangat kurang sekali memberikan ruang bagi siswa untuk menjelaskan dan mengelaborasi secara mendalam jawaban atas pertanyaan yang diberikan praktikan. Kata kunci: CMQS, RASCH, analisis Abstract: This study aims to examine one aspect of teaching ability known as Classroom Mathematical Questioning Skills (CMQS) of practicing students on the Micro Teaching course on even semester of year 2018 in the Mathematics Education Study Program, FKIP, Universitas Maritim Raja Ali Haji. Research with a descriptive qualitative approach used direct observation as a data collection technique on aspects of teaching skills. To be able to measure CMQS as one of the many aspects of teaching skills studied, an assessment technique was used with an assessment sheet that was filled in by experts after direct observation. The raw data from the teaching skills assessment sheet was processed using the RASCH model analysis on the item measure and person-map items. The analysis showed that CMQS is the most difficult aspect of teaching for practicing students with 2.52 logit measure items. Only 14.5% of the students were able to demonstrate satisfying abilities in CMQS. Furthermore, the results of the analysis and direct observation were used as a basis in describing the students practice CMQS. This study showed that practicing students have limitations in giving high level type questions and gave very little space for students to explain and elaborate in depth the answers to questions given by the practicing students themselves.. Keywords: CMQS, RASCH, analysis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edumat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDU-MAT adalah jurnal yang didirikan pada tahun 2013 di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT merupakan kumpulan artikel hasil penelitian maupun kajian dosen, peneliti, guru, maupun mahasiswa di bidang pendidikan matematika ...