Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 6, No 3 (2019): Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE UNTUK PELAKU INDUSTRI KERAMIK DI KABUPATEN PURWAKARTA

Sam'un Jaja Raharja (Universitas Padjadjaran)
Rivani Rivani (Universitas Padjadjaran)
Ria Arifianti (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2020

Abstract

Kegiatan industri keramik di Purwakarta mengalami pasang dan surut dari waktu ke waktu. Beberapa puluh tahun yang lalu pernah mengalami masa pertumbuhan yang pesat, namun saat ini mengalami masa surut. Surutnya industri tersebut disebabkan  beberapa hal seperti kalah bersaing dengan produk China, strategi pemasaran yang kurang bervariasi dan konvensional dan masalah bahan baku. Salah satu solusi atas masalah pemasaran adalah pemasaran melalui media sosial, yang dikenal dengan Online Marketing.Saat ini para pelaku industri belum mengenal dengan baik online marketing dan website, sehingga perlu diberikan pelatihan pembuatan website dan pemasaran online. Oleh karena itu tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pemasaran online, sehingga volume penjualan dapat ditingkatkan dan menjangkau konsumen yang lebih luas.Kegiatan pelatihan dikemas dengan judul “Pelatihan Pembuatan Website untuk Pelaku Industri Keramik di Kabupaten Purwakarta.” Materi pelatihan meliputi pengetahuan dasar online marketing, tata cara pemasaran melalui media sosial,  pengemasan produk dalam bentuk digital dan penyajian melalui media sosial.   Hasil pelatihan menunjukkan adanya perubahan pada peserta. Pertama, adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan penggunaan media sosial untuk kegiatan pemasaran produk. Kedua semangat untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan secara nyata dalam kegiatan pemasaran produk. Ketiga keinginan memperoleh pengetahuan lebih mendalam, mendetail dan praktis melalui pelatihan lanjutan. 

Copyrights © 2019