Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 4, No 2 (2017): Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP ORANGTUA ANAK PENDERITA KANKER DI YAYASAN KOMUNITAS TAUFAN JAKARTA TIMUR

YANA SAFITRI (Mahasiswa Program Studi Kesejahteraan Sosial (170310140019), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran)
BINAHAYATI BINAHAYATI (Pusat Studi Kesejahteraan Anak dan Keluarga, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran)
BUDI M TAFTAZANI (3PPusat Studi Kesejahteraan Anak dan Keluarga, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan yang dapat menyerang siapa saja dari berbagai kalangan usia dan jenis kelamin. Salah satu yang dapat menjadi penderita kanker terbesar adalah anak-anak. Kanker yang menyerang pada anak adalah kanker dengan berbagi jenis dan stadium. Walau masih muda kanker yang terjadi pada anak dapat terjadi hingga stadium lanjut. Dalam hal ini, yang menderita dan mendapatkan dampak dari adanya kanker bukan anak saja tapi orangtuanya. Orangtua anak penderita kanker dapat mengalami kecenderungan disfungsi sosial, kehilangan motivasi dan kekurangan secara ekonomi karena dampak dari anaknya yang menderita kanker. Orangtua anak penderita kanker membutuhkan dukungan sosial yang dapat memberikan berbgai jenis implikasi pada orangtua anak penderita kanker.Maka dari itu, peneliti bertujuan mengetahui gambaran mengenai dukungan sosial pada anak penderita kanker. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi nonpartisipasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi.

Copyrights © 2017