AKSIOMA
Vol 10, No 2 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan disposisi matematik siswa

Munaji Munaji (Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

Penelitian PTK ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan disposisi matematik siswa. Penelitian ini di lakukan di kelas 6 MI Manbaul Hikmah Tahun Pelajaran 2018-2019 semester ganjil dengan responden sebanyak 29 siswa. Penelitian PTK ini terdiri atas 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Data yang dianalisis merupakan data skala disposisi matematik. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan disposisi matematik siswa dengan perolehan skor rata-rata kelas sebesar 76,04% termasuk dalam kategori baik. Rata-rata kelas disposisi matematik siswa mengalami kenaikan pada siklus II sebesar 13,91%.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Disposisi Matematik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...