Pemahaman siswa merupakan hal penting karena dengan mengetahuinya maka guru diharapkan mampu merancang pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa SD dalam menyelesaikan masalah kalimat matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas V yang terdiri dari 3 siswa laki-laki yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah pada komponen pemahaman interpreting subjek berkemampuan tinggi dan rendah mempunyai kesamaan yaitu menceritakan maksud dari soal dengan menggunakan kalimat yang sama dengan soal dan tidak menggunakan simbol matematika. Sedangkan subjek berkemampuan sedang menceritakan maksud dari soal dengan menggunakan kalimatnya sendiri dan tidak menggunakan simbol matematika. Pada komponen pemahaman summarizing ketiga subjek memiliki kesamaan yaitu meringkas kalimat pada soal dengan menggunakan kalimatnya sendiri akan tetapi tidak lengkap dalam memberikan informasi. Pada komponen pemahaman inferring subjek berkemampuan tinggi menyimpulkan jawaban sesuai dengan pertanyaan soal. Sedangkan subjek berkemampuan sedang dan rendah mempunyai kesamaan yaitu hanya menyelesaikan masalah saja tanpa memberikan. Pada komponen pemahaman explaining subjek berkemampuan tinggi menjelaskan secara terperinci langkah penyelesaian soal dengan disertakan alasannya. Sedangkan subjek berkemampuan sedang dan rendah mempunyai kesamaan yaitu tidak menjelaskan langkah penyelesaian soal dengan terperinci
Copyrights © 2018