Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis
Vol. 3 No. 4 (2018)

PROSES MENTORING DALAM BISNIS KELUARGA BUDAYA BALI

Ni Wayan Diah Darmayanti (Universitas Ciputra)
Tony Antonio (Universitas Ciputra)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2019

Abstract

Bisnis keluarga adalah bisnis yang dimiliki dan dijalankan oleh keluarga, atau mayoritas sahamnya dimiliki keluarga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana family business untuk bertahan lintas generasi terutama pada proses suksesi kepada generasi penerus. Proses mentoring menjadi hal yang penting untuk regenerasi bisnis keluarga. Budaya mentoring dalam bisnis keluarga dari setiap etnis akan berbeda karena pengaruh dari tradisi, agama, dan budaya setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses mentoring yang diterapkan dalam bisnis keluarga budaya Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan metode triangulasi sumber melalui wawancara kepada pakar, generasi senior, dan generasi penerus, penentuan ini menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan proses mentoring dalam bisnis keluarga budaya Bali bersifat universal namun dalam beberapa tahap kurang maksimal. Aktivitas-aktivitas yang terjadi pada proses mentoring bisnis keluarga budaya Bali adalah menetapkan sasaran yang terukur, Mengklarifikasi suatu sasaran yang terukur, membangun cara yang membuat mentee dapat bertanggung jawab, melatih penerapan mentoring dalam bisnis keluarga, dan mengikuti jejak sukses mentor dengan cara menceritakan kisah-kisah sukses, mengevaluasi kinerja generasi penerus, dan memberikan fasilitas kepada generasi penerus. Terdapat beberapa hal yang mencolok dari bisnis keluarga budaya Bali yaitu senioritas kuat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

performa

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal penelitian dalam kajian ilmu manajemen dan start-up business berbasis pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan ...