KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra
Vol 3, No 1 (2019): JURNAL KREDO VOLUME 3 NO 1 TAHUN 2019

Eksperimentasi Model Pembelajaran JUCAMA Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro

Agus Darmuki (IKIP PGRI Bojonegoro)
Ahmad Hariyadi (Prodi Pendidikan Kewarganegaraan, IKIP PGRI Bojonegoro, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2019

Abstract

Fokus penelitian ini untuk mengetahui manakah yang menghasilkan prestasi belajar berbicara lebih baik: (1) model pembelajaran JUCAMA atau Konvensional, (2) visual, auditorial, atau kinestetik, (3) Pada model pembelajaran JUCAMA, mana yang lebih baik visual, auditorial, atau kinestetik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimental semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro, yang terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah 288 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, terpilih tiga kelas yaitu tingkat I-A, IB, dan IC. Sampel berjumlah 93 mahasiswa, dengan rincian 31 mahasiswa IA sebagai eksperimen, 31 mahasiswa tingkat IB sebagai kontrol, dan 31 mahasiswa tingkat IC sebagai ujicoba. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, dan tes prestasi belajar yang telah divalidasi para validator. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Mahasiswa dengan pembelajaran JUCAMA mempunyai prestasi belajar berbicara yang lebih baik dari pada mahasiswa dengan pembelajaran konvensional, (2) Prestasi belajar berbicara mahasiswa yang mempunyai gaya belajar visual lebih baik dari pada prestasi belajar berbicara mahasiswa yang mempunyai gaya belajar auditorial dan kinestetik. Sedangkan prestasi belajar berbicara mahasiswa yang mempunyai gaya belajar auditorial sama baiknya dengan mahasiswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik, (3) Pada pembelajaran JUCAMA, tidak ada perbedaan antara prestasi belajar berbicara pada masing-masing gaya belajar. Kata kunci: berbicara, gaya belajar, jucama, prestasi belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kredo

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ilmiah "Kredo" merupakan jurnal ilmiah bahasa dan sastra, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada tiap bulan Oktober dan ...