Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika
Vol 18, No 1 (2020): Maret 2020

Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0

Mustopa, Ali (Unknown)
Agustiani, Sarifah (Unknown)
Wildah, Siti Khotimatul (Unknown)
Maysaroh, Maysaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Website merupakan layanan informasi bagi seluruh pengguna yang dapat diakses tanpa batas. Penggunaan website juga banyak digunakan seperti pada dunia pendidikan. Salah satu penerapan website pada dunia pendidikan diterapkan pada kampus Universitas Bina Sarana Informatika yang memberikan layanan website kepada mahasiswa berupa Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN). Website LYKAN digunakan sebagai wadah informasi mahasiswa berupa data prestasi, penelitian dan sarana konseling dengan dosen pembimbing akademik. Namun, untuk mencapai hasil website yang lebih baik kedepannya diperlukan sebuah pengembangan dari segi informasi maupun layanan sehingga menghasilkan kualiatas website yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Dalam penelitian ini, kualitas dari website LYKAN diukur dengan menggunakan metode Webqual 4.0 sebagai tolak ukur pengembangan sistem dari website tersebut yang didalamnya terdapat variabel yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi. Dalam menentukan hasil dari ketiga varibel tersebut, digunakan Chi Square Test untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut terhadap kepuasan pengguna website. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian kuesioner yang berasal dari kelas 13.3C.01 dengan jumlah mahasiswa 42 orang dan pengambilan sampel sebanyak 38 responden. Dari penelitian yang dilakukan menggunakan chi square test menghasilkan keputusan bahwa nilai uji menunjukkan X2 sebesar 47,76 sedangkan derajat kebebasan bernilai sebesar 15,07 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan antara kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi memiliki hubungan terhadap kepuasan pengguna website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN). Kata Kunci: Website, LYKAN, Webqual, Chi Square Test, Kepuasan pengguna

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif pertama kali diterbitkan pada tahun 2013. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis kritis mengenai penelitian di Bidang Ilmu Sistem Informasi, Manajemen dan Ekonomi. Jurnal Perspektif menerbitkan 2 (dua) jurnal dalam setiap ...