Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Vol 12 No 1 (2020): Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences - January 2020

Komparasi Hasil Belajar pada Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Belitang

Effendi Effendi (Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda Sukaraja)
Mar’atus Sholikhah (Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Nurul Huda Sukaraja)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengetahui sejauh mana perbedaan hasil belajar Fisika yang dalam pembelajarannya menerapkan metode Snowball Throwing dan metode Talking Stick di SMA Negeri 1 Belitang. Adapun Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Belitang OKU Timur. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara acak. Kelas yang terpilih akan digunakan sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Adapun teknik pengumpulan data yang dggunakan yakni tes, sedangkan untuk menguji hipotesis menggunakan uji-z. Sesuai dengan pengolahan data yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 82,00 dan nilai rata-rata kelas eksperimen II sebesar 69,33. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbandingan hasil belajar Fisika yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode Snowball Throwing dengan metode pembelajaran Talking Stick pada materi Gerak Lurus kelas X di SMA Negeri 1 Belitang, sebab nilai Zhit = 7,08 tidak terletak antara -1,96 dan 1,96, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2020