Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2020

Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata Di Danau Toba

Dewi Yanti (Politeknik Pariwisata Medan)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2020

Abstract

Abstrak - Kemunculan digital marketing telah membawa perubahan penting di beberapa sektor industri salah satunya industri pariwisata. Terkhususnya pada pemasaran objek wisata Danau Toba yang saat ini telah menjadi salah satu objek wisata utama di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja Digital Marketing yang digunakan untuk meningkatkan kunjungan wisata di Danau Toba dan bagaimana pengaruh Digital Marketing terhadap peningkatan kunjungan wisata di Danau Toba. Penelitian ini menggunakan metode peneltian kuantitatif dengan analisis data bersifat deduktif yang dilakukan kepada 60 wisatawan yang melakukan perjalanan ke Danau Toba. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Ada beberapa media digital marketing yang dimanfaatkan oleh wisatawan untuk mendapatkan informasi seputar Danau Toba, diantaranya adalah  Facebook, Twitter, Instagram, Aplikasi. Instagram menempati posisi teratas sebagai digital marketing yang paling banyak digunakan oleh wisatawan sebesar 58%. Digital Marketing juga memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan kunjungan wisata di Danau Toba dengan presentasi sebesar 59,8%. Hal ini dipengaruhi cukup tingginya tingkat penggunaan terhadap konten/situs digital marketing seputar Danau Toba dengan presentase sebesar 84%. Kata Kunci : Digital Marketing, Kunjungan, Objek Wisata The Effect Of Digital Marketing Toward Enhancement Tourist  Visit In Toba Lake Abstract - The emergence of digital marketing has brought important changes to the world of tourism, especially in destination marketing. Lake Toba as one of top priority tourist attraction in Indonesia requires special treatment in digital destination marketing. This study aims to find out what Digital Marketing is used to increase tourist visits on Lake Toba and how the influence of Digital Marketing on increasing tourist visits on Lake Toba. This study uses quantitative research methods with data analysis that is deductive conducted to 60 tourists who travel to Lake Toba. The results of this study indicate that there are several digital marketing media that are used by tourists to get information about Lake Toba, including Facebook, Twitter, Instagram, Applications. Instagram occupies the top position as the most widely used digital marketing by tourists by 58%. Digital Marketing also had a huge influence on the increase in tourist visits on Lake Toba with a presentation of 59.8%. This is influenced by the high level of usage of digital marketing conten/sites around Lake Toba with a percentage of 84%.   Keywords: Digital Marketing, Visit, Attraction

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

khasanah

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang ...