RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 5, No 1 (2018)

ANALISIS PENGARUH EDUPRENEURSHIP DAN MENTORING TERHADAP PENINGKATAN DAYA SAING LULUSAN PERGURUAN TINGGI

Sutrisno, Wiriadi (Universitas Indraprasta PGRI)
Cokro, Suwiryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa Pemerintah melalui UU SPN No.20 Tahun 2003 telah mengatur bahwa  pendidikan nasional  merupakan  upaya perhatian untuk mengembangkan individu agar mampu membangun self potency mereka melalui proses pembelajaran. Upaya  ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing para lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia, khususnya dalam menghadapi persaingan  di pasar global, khususnya dalam MEA.  Edupreneurship dan Mentoring merupakan salah satu cara untuk membekali para lulusan memiliki daya saing yang tinggi dengan meningkatkan self potency, baik berupa inovasi, keatifitas dan jiwa kewirausahaan, khususnya dibidang pendidikan. Dengan memiliki jiwa edupreneurship yang dilatih para mentor yang professional, para lulusan perguruan tinggi kelak akan menjadi sang pencipta pekerjaan (job creator) dan bukan menjadi pencari kerja (job seeker). Lebih dari itu para lulusan perguruan tinggi yang memiliki edupreneurship  akan sangat membantu program pemerintah dalam mengurangi pengangguran terbuka. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap lulusan STIE PBM,  menunjukkan bahwa:1) Secara parsial  edupreneurship  berpengaruh  positif   terhadap peningkatan daya saing lulusan STIE PBM Jakarta, 2) Secara parsial juga  mentoring  berpengaruh  positif terhadap peningkatan daya saing lulusan STIE PBM Jakarta dan 3) Secara simultan, edupreneruship dan mentoring  berpengaruh positif terhadap peningkatan daya saing lulsan STIE PBM, Jakarta.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...