RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 3, No 1 (2016)

PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING DALAM MENGAJAR BAHASA INGGRIS PADA MATERI NEWS ITEM TEXT PADA SISWA KELAS XII-IPA SMAIT INSAN MANDIRI CIBUBUR

Iswadi, Iswadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2016

Abstract

Abstrak: Mind mapping adalah strategi pembelajaran kreatif yang mengembangkan kemampuan siswa dalam membuat pemetaan konsep yang saling berhubungan sehingga membentuk sub-sub yang saling berhubungan. Pembelajaran bahasa Inggris pada Materi News Item Text pada siswa kelas XII-IPA SMAIT Insan Mandiri Cibubur dengan menggunakan Strategi Mind Mapping adalah sebagai berikut: 1. Guru memberikan memberikan salam dan memberikan alfazone yaitu dengan memberikan permainan membalik kata.2. Guru memberikan apersepsi yaitu guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaat materi bagi siswa serta memberitahukan kepada siswa karakter apa yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.3. Guru menjelaskan materi news item text dan kemudian guru membagikan kertas warna-warni dan spidol untuk digunakan oleh siswa dalam membuat mind mapping.4. Siswa membuat mind mapping materi news item text dengan kertas dan spidol yang telah diterima.5. Guru membimbing siswa dalam membuat mind mapping materi news item text. 6. Guru memberikan konfirmasi yaitu guru memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa tentang materi news item text. 7. Guru menyimpulkan materi news item text dan memberikan hikmah spiritual yang terkait dengan materi news item text.Kata kunci: Strategi Mind Mapping, Materi News Item Text, Bahasa Inggris.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...