Jurnal Bakti Saraswati
Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan IPTEKS

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW ARONSON BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Dewa Ayu Sri Ratnani (Unknown)
Ida Bagus Ari Arjaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2019

Abstract

Minat sangat erat hubungannya dengan belajar, belajar tanpa minat akan sangat membosankan. Minat merupakan sumber motivasi yang kuat untuk belajar. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam belajar. Salah satu solusinya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Aronson yang dipadukan dengan metode mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah dibelajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Aronson berbasis Mind mapping. Desain penelitian menggunakan Pre-Exprimental dengan rancangan One-group Pretest-Postest Design.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dengan pengambilan sampel pada kelas VIIIC dengan jumlah 31 orang. Pengumpulan data minat menggunakan angket minat belajar dengan empat aspek. Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney U Test. Hasil uji analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Aronson berbasis mind mapping dibelajarkan. Simpulan penelitian ini adalah terjadi peningkatan minat belajar peserta didik yang dibelajarkan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Aronson Berbasis Mind Mapping.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

baktisaraswati

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bakti Saraswati Berfokus pada publikasi hasil-hasil penelitian, baik penelitian murni maupun terapan dan ulasan (review) penerapan IPTEKS bagi masyarakat, serta pemikiran-pemikiran kritis ...