Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi
Vol 13 No 1 (2018)

DEDIKASI GURU DITINJAU DARI PSYCHOLOGYCAL WELL-BEING

Sulistiana, Sulistiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat psychological well-being terhadap tingkat dedikasi guru SMAN “X” di Gresik.Tipe penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah berjumlah 62 guru SMAN Xdi Gresik. yang digunakan adalah seluruh GuruSMAN “X” sejumlah 62 orang.Kedua variabel diukur dengan skala likert.Koefisien reliabilitasskalapsychological well-being sebesar 0,888. Koefisien reliabilitas skala dedikasi guru sebesar 0,781. Data penelitian diolah dengan teknik regresi sederhana. Nilai F = 60.658 mengindikasikan persamaam garis regresi y = 25.023 + 357xadalah secara statistik signifikan. Nilai t hitung =7.788, dengan nilai p = 0,00< 0,05, sehinggaHo ditolak dan Ha diterima. Hal itu berarti psychological well-beingberpengaruh secara signifikan terhadap dedikasi guru.Nilai R Square sebesar 0,503 menginformasikan bahwa sumbangan tingkat psychological well-being terhadap tingkat dedikasi guru sebesar 50,3%, sedangkan sisanya 49,7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

psikosains

Publisher

Subject

Humanities Neuroscience Physics Social Sciences Other

Description

PSIKOSAINS adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian maupun Pemikiran dalam bidang psikolog. Diterbitkan dua kali dalam satu ...