Jurnal Berdaya Mandiri
Vol 1, No 2 (2019)

PENDAMPINGAN IDENTIFIKASI MASALAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE KUMON DI SMP NEGERI 14 PEKALONGAN

Nasution, Nur Baiti (Unknown)
'Adna, Syita Fatih (Unknown)
Agustina, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2020

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan bagi guru SMP Negeri 14 Pekalongan untuk mengidentifikasi masalah siswa dalam pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris menggunakan Metode Kumon. Adapun pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan inti pengabdian ini adalah dengan memfasilitasi pelaksanaan tes Kumon Matematika dan Bahasa Inggris untuk semua siswa. Materi yang diujikan adalah operasi aritmatika dasar (Matematika) dan pronoun/to be (Bahasa Inggris). Hasil pekerjaan siswa kemudian dianalisis berdasarkan kecepatan siswa dalam mendapatkan nilai 100. Hasil analisis kemudian dilaporkan ke forum guru sebagai bahan diskusi kegiatan lanjutan.

Copyrights © 2019