Jurnal Mikologi Indonesia
Vol 3, No 2 (2019): Desember 2019

Identifikasi Morfologi Rhizopus pada Oncom Hitam dari Berbagai Daerah di Indonesia

Anastasia Tatik Hartanti (Fakultas Teknobiologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jalan Cisauk, BSD City, Tangerang, Banten, 15345)
Adelyne Hanggopertiwi (Fakultas Teknobiologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jalan Cisauk, BSD City, Tangerang, Banten, 15345)
Agustin Wydia Gunawan (Fakultas Teknobiologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jalan Cisauk, BSD City, Tangerang, Banten, 15345)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Oncom hitam merupakan produk fermentasi asli Indonesia yang dibuat dari bungkil kacang tanah sebagai substrat dan kapang Rhizopus spp. Sebagai agen fermentasi. Rhizopus yang berperan pada proses pembuatan oncom hitam perlu diketahui identitasnya serta dikonservasi sehingga dapat berguna untuk pengembangan fermentasi makanan yang aman untuk dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan mengisolasi dan mengidentifikasi Rhizopus pada oncom hitam. Sampel diambil dari beberapa pasar tradisional di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Identifikasi Rhizopus dilakukan dengan pendekatan morfologi bentuk spora, kolumela, dan rizoid serta panjang sporangiofor, dan dengan pendekatan fisiologi pada suhu pertumbuhan 33, 42, 46, 48, dan 5°C pada medium agar-agar dekstrosa kentang. Identifikasi dilakukan mengikuti “A Monograph of Rhizopus”. Rhizopus yang berhasil diisolasi dari sampel oncom hitam ialah sebanyak 13 galur yang terdiri atas R. arrhizus var. delemar (R. delemar), R. arrhizus var. tonkinensis (R. oryzae), dan R. microsporus var. chinensis. Ketiganya merupakan varietas Rhizopus yang pertama kali dilaporkan ada pada oncom hitam.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Mikologi Indonesia (JMI) adalah jurnal nasional tentang diversitas Fungi di Indonesia yang mempublikasi artikel penelitian, review, metodologi, dan artikel-artikel taksonomi seperti monograf, jenis baru, catatan baru, checklist yang terkait dengan diversitas dan penyebaran Fungi, termasuk ...