Al-Hayat: Journal of Islamic Education
Vol 3 No 2 (2019): Al-Hayat: Journal of Islamic Education

Devotionalism in Diversity: The Islamic Paradigm in Multiculturalism in Langsa-Aceh Indonesia

Iqbal Ibrahim (Institut Agama Islam Negeri Langsa Aceh)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2019

Abstract

Artikel ini hasil dari penelitian yang membahas tentang paradigma ulama Langsa Aceh (cendekiawan Islam) untuk mengatasi multikulturalisme. Studi ini juga mengungkapkan konsistensi dari kesepakatan para cendekiawan Islam tentang eksklusivitas dan inklusivitas; mencegah munculnya radikalisme dalam komunitas Islam, khususnya daerah perkotaan Langsa di Aceh. Ini membahas fenomena rekrutmen baru-baru ini dengan "cuci otak" pada siswa yang lebih muda, karena mereka dipenuhi dengan ideologi radikalistik tertentu. Ajaran pendidikan Islam lebih pada mengklaim kebenaran agama itu sendiri dan menganggap agama sebagai satu-satunya meraih keselamatan (menekankan klaim kebenaran diri dan keselamatan). Penelitian ini adalah kualitatif dengan penerapan deskriptif-analitis. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam dengan sumber tokoh agama, dosen Perguruan Tinggi Islam, guru, siswa non-muslim, dan elemen masyarakat. Keandalan kesalehan dalam keragaman dan paradigma multikulturalisme dikonversi ke persamaan statistik. Persamaan matematika diterapkan Koefisien Cohen Kappa (ukuran reliabiltas). Ini diukur antar eksklusivitas dan inklusivitas dengan klaim kebenaran diri dan paradigma keselamatan Cendekiawan Islam. Kesepakatan tingkat antara instrumen yang dinilai menggambarkan reliabilitas antar penilai -IRR- hasil wawancara informan tingkat konsensus di identifikasi antara keamanan hasil konsistensi kontrak antara kesalehan dan eksklusifitas-inklusivitas, karena klaim diri menunjukkan "kurang" (kappa, 0,20-0,41), sementara kesepakatan antara pengabdian dan keselamatan adalah "sangat baik" (kappa 0,81-0,90). Dengan reliabilitas antar penilai, K=0,89 dengan kategori luar biasa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

alhayat

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Hayat: Journal of Islamic Education: e-ISSN: 2599-3046 is an international journal published by the Affairs Al-Hayat Al-Istiqomah Foundation. The journal focuses its scope on the issues of Islamic education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals in the field of ...