Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan
Vol 11, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Pena Volume 11 Nomor 2 November 2019

PENGARUH INTEGRASI PEMBELAJARAN METAKOGNISI DENGAN PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP HANDAYANI SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Salaniah , (Unknown)
Alin Liana (Unknown)
Muh. Yahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (i) pengaruh integrasi pembelajaranmetakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap keterampilan metakognisi siswa SMP; (ii) pengaruh integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar IPS siswa SMP; (iii) hubungan antara keterampilan metakognisi siswa dengan hasil belajar IPS siswa SMP.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Handayani Sungguminasa tahun pelajaran 2018-2019. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan rubrik untuk mengukur keterampilan metakognisi siswa dan tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar IPS siswa. Data dianalisis secara statistic deskriptif dan ststistik inferensial (uji t dan uji korelasi; α = 5%) dengan bantuan SPSS (Statistcal Product and service Solution) statistics 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (i) ada pengaruh signifikan  integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap keterampilan metakognisi siswa. (ii) ada pengaruh  signifikan integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar IPS siswa. (iii) ada hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar IPS pada kelompok siswa yang dibelajarkan dengan integrasi pembelajaran metakognisi dengan pendekatan SAVI.Kata Kunci: Pembelajaran Metakognisi, Pendekatan SAVI, Keterampilan Metakognisi, Hasil Belajar IPS.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah “Pena” (JIP) adalah media komunikasi ilmiah, Pemikiran serta hasil-hasil penelitian Sains dan Ilmu Pendidikan yang dilaksanakan oleh Dosen STKIP Pembangunan Indonesia Makassar dan Peneliti dari Lembaga Pendidikan maupun Riset terkait. Jurnal ini terbit berkala enam bulanan ...