JURNAL NOKEN : Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 5, No 1 (2019): December 2019

Penerapan Metode Partisipatorik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SDN 146 Asaan Kabupaten Enrekang

Muis, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan metode partisipatorik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 146 Asaan Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan refleksi setiap siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode partisipatorik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 146 Asaan Kabupaten Enrekang terbukti signifikan dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan pastisipasi siswa dalam pembelajaran. Dengan penerapan metode partisipatorik, siswa menjadi aktif dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jn

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Noken (Social Science) is biannual publication issued in the month of December and March. noken is a scientific journal which prioritizes the publication of articles (research and non-research based) regarding to social science issues that deal with social science issues such as social and ...